Pengembangan Bahan Ajar Buku Pintar Membaca Berbasis QR-Code pada Keterampilan Membaca Siswa di Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Napallicin

  • Putri Alwani Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silamapri
  • R. Angga Bagus K Universitas PGRI Silamapri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code  untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 17 siswa dan siswa kelas II SD Neger Napalliicin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,82. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata  85,52%.  Pada uji  lapangan  diperoleh  N-gain  (g) sebesar  0,73  dengan klasifikasi  tinggi,  yang  artinya bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memiliki  efektifitas tinggi. Simpulan, bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbsis QR-Code terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Buku Pintar, Pengembangan, QR-Code

Published
2023-12-29
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 5 times