Pengembangan Bahan Ajar Buku Pintar Membaca Berbasis QR-Code pada Keterampilan Membaca Siswa di Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Napallicin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 17 siswa dan siswa kelas II SD Neger Napalliicin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,82. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 85,52%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memiliki efektifitas tinggi. Simpulan, bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbsis QR-Code terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Buku Pintar, Pengembangan, QR-Code
Copyright (c) 2023 Putri Alwani, Elya Rosalina, R. Angga Bagus K
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.