Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik Berbasis Perpustakaan Digital di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Abstract
Keberadaan perpustakaan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon khsusunya bagi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab sangat dibutuhkan dalam rangka menunjang kualitas pembelajran khususnya dalam bidang penyediaan referensi. Namun ktersediaan bubku-buku refernsi untuk mata kuliah Bahasa dan Sastra Arab masih sangat terbatas. Demikian juga layanan perpustakaan manual masih terbatas pada waktu dan tempat tertentu. Peneliti berusaha memecahkan masalah ini dengan menyusun perpustakaan digital yang lebih lengkap dan lebih tidak terikat waktu layanan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyusun perpustakaan digital dengan model penelitian pengembangan jurusan. Peneliti membuat prodak berpa perpustakaan digital yang disusun dari masukan data-data yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan, informasi, konsep-konsep dan keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapkan masalah, dari para civitas akademika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Hasil penelitian ini mnunjukkan adanya peningikatan dalam berbagai hal. Secara Kuantitas, jumlah referensi AIN Cirebon semulahany berada di kisaran 50 buku, dengen penyusunan perputakaan digital ini bertambah 355 buku. Selanjutnya waktu pelayanan yang semula pada perpustakaan manual sebatas jam kerja, denganperpustakaan digital ini menjadi 24 jam. Tempat pengoperasian dan pengaksesan perpustakaan yang awalnya harus dantang ke perpustakaan, makadengan perpustakaan digital bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Secara keekonomian, perpustakaan digital menjadi lebih ekonomis, karena mahasiswa tidak harus membeli kitab dengan harga yang mahal, cukup mendownload saja. Di lapangan ditemukan fakta bahwa pengguna perpustakaan lebih senang menggunakan format secara elektronik daripada secara tradisional. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dari produk yang dihasilkan, yaitu perputakaan digital mampu meningkatkan semangat belajar para mahasiswa di lingkungan jurusan BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Kata Kunci: Pelayanan Akademik, Peningkatan Kualitas Pelayanan, Perpustakaan Digital
Copyright (c) 2024 Muhsin Riyadi, Khoirul Anwar, Khoirul Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.