Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kesulitan membaca siswa kelas III SD Negeri 22 Lubuklinggau dan Mengetahui upaya untuk guru mengatasi kesulitan membaca kelas III SD Negeri 22 Lubuklinggau. Objek penelitian yang diambil ialah di kelas III SD Negeri 22 Kota Lubuklinggau serta dengan jumlah 22 orang dan 7 siswa yang mengalami kesulitan membaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kesulitan membaca pada siswa mulai dari aspek 1 17,85 , aspek 2 sebesar 34,14 , aspek 3 sebesar 33,57 , dan aspek 4 sebesar 34,28. Faktor penyebab kesulitan membaca disebabkan oleh (1) penghilangan kata atau huruf, (2) ucapaan kata yang dibantu oleh guru/teman kelas nya, (3) kurang bisa mengenal tanda baca, (4) tersendat dalam membaca (5) ragu dalam membaca dan (6) pengulangan kata. Ada pun guru upaya yang dapat dilakukan oleh guru mengatasi anak yang berkesulitan membaca ialah (1) media kartu, (2) media gambar, (3) media big book.
Kata Kunci: Kesulitan Membaca dengan Media Big Book
Copyright (c) 2024 Fajri Fajri, Tri Ariani, Abu Bakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.