Penerapan Pendekatan Saıntıfık terhadap Sıkap Ilmıah Sıswa Kelas X SMA Muhammadıyah 1 Lubuklınggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lubuklinggau setelah penerapan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi-eksperimen), dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara awal dan observasi. Hasil analisis observasi menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama, skor rata-rata mencapai 75,4, sedangkan pada pertemuan terakhir meningkat menjadi 88,7. Secara keseluruhan, perhitungan N-Gain sikap ilmiah menunjukkan skor sebesar 0,78, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara signifikan meningkatkan sikap ilmiah siswa.
References
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 3(1).
Pawera, A. M. V. D. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara Kbk, Ktsp, Dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(1), 42-59.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 7911-7915.
Riyanti, R. (2019). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Untuk Memberdayakan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas Viii Di Smp/Mts Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Saregar, dkk. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) dampak terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). 3(1), 28.
Sari, C. E., Arafah, K., & Yani, A. (2020). Identifikasi Sikap Ilmiah Dalam Melakukan Praktikum Fisika Pada Peserta Didik Sman 12 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1), 27.
Sibuea, A. R. (2021). Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).
Sihotang, H. (2020). Buku Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Ukip Ress. Halm 125-128
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Tika, I.K. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2): 97-104.
Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015, October). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, Pp. Snf2015-Ii).
Zaidah, A., & Wijaya, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 20-26.
Copyright (c) 2024 Wahyu Arini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.