Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Redaksi Jurnal pendidikan matematika (Judika Education) menerima naskah ilmiah dalam bidang yang berkaitan dengan ilmu pendidikan matematika
  • Naskah ilmiah tidak mengandung unsur plagiarisme. Naskah juga harus memenuhi pedoman penulisan naskah dan belum pernah atau tidak dalam proses publikasi pada media lain, baik cetak maupun elektronik.

Author Guidelines

  1. Ketentuan Umum:
  • Naskah adalah karya yang belum pernah dipublikasikan dalam bentuk cetak maupun elektronik.
  • Tema Naskah tidak terlepas dari riset bidang Pendidikan, Pendidikan Matematika dan bidang ilmu (Matematika)
  • Naskah yang dikirimkan ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  1. Ketentuan Khusus:
  • Naskah ditulis dalam dua kolom (kecuali judul, nama dan abstrak).
  • Abstrak menggunakan huruf Times New Roman 10 pt, spasi 1, kertas A4
  • Naskah menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, spasi 1,5, kertas A4, margin atas 4 cm, margin bawah 3 cm, margin kanan 4 cm, margin kiri 3 cm.  
  • Panjang naskah tidak lebih dari 25 halaman dan minimal 20 halaman, halaman dicantumkan di bagian kanan bawah.
  • Sumber rujukan atau kutipan dicantumkan di dalam teks, misalnya (Arikunto, 2014: 20-22; Foucault, 1983).
  • Penulisan bahasa asing di cetak miring.
  • Sistematika bagian naskah terdiri dari:
  1. Judul: Judul tidak lebih dari 17 kata. Times New Roman 14 pt, bold, spasi 1, huruf kapital.
  2. Data penulis: Data penulis memuat nama lengkap (tanpa singkatan), alamat institusi, dan alamat email penulis. Nama penulis diawali dengan huruf kapital, Times New Roman 12 pt, bold, spasi 1. Jika terdiri dari tim peneliti afiliasi berbeda, ditulis sebagai berikut:

Nama Peneliti Pertama1, Nama Peneliti Kedua2, dst.

1Afiliasi Penulis Pertama (Institusi/Universitas)

2Afiliasi Penulis Kedua (Institusi/Universitas)

Korespondensi: email penulis pertama

  1. Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahas Inggris dan bahasa Indonesia maksimal (250 kata) dan minimal (200 kata). Abstrak memuat: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Ditulis dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.
  2. Kata Kunci: Kata kunci 3-5 kata.

Pendahuluan: Pendahuluan menguraikan latar belakang permasalahan yang sesuai dengan judul penelitian. Ditulis menggunakan Times New Roman 12 pt, spasi 1,5. Bagian pendahuluan ini menyajikan latar belakang, penjelasan mengenai telaah pustaka/penelitian terkait yang up to date yang mengarahkan kepada pengambilan rumusan masalah. Tujuan penelitian dinyatakan di dalam pendahuluan. Jika terdapat lebih dari satu tujuan maka penomorannya menggunakan angka (1, 2, 3, dst..) dan tidak menggunakan symbol/bullet.

Metode: Bagian metode penelitian ini menguraikan langkah-langkah penyelesaian masalah. Uraikan dengan jelas prosedur penelitian yang dilakukan. Metode yang dipilih agar disesuaikan dengan jenis penelitiannya. Isi metode berupa: metode penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, analisis data, uji korelasi, dsb.

Hasil dan Pembahasan: Bagian hasil dan pembahasan menyajikan hasil-hasil yang diperoleh dan cara pencapaiannya. Uraian harus komprehensif namun tetap ringkas dan padu. Pembahasan hasil penelitian meliputi kelebihan dan kekurangan, termasuk pengujian.

Untuk data dalam bentuk tabel, penyajiannya agar menggunakan format tabel seperti contoh Tabel 1. Tabel diberi judul. Judul diletakkan di atas tabel. Tabel dibuat center dan diacu pada naskah. Jika terdapat lebih dari satu tabel maka tabel diberi nomor misalnya Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya.

Tabel 1. Prosentase Laki-Laki dan Perempuan

Jenis Sekolah

Laki-Laki (%)

Perempuan (%)

SMU

60

40

SMK Bisnis

30

70

SMK TI

50

50

 

Jika data hanya dapat disajikan pada suatu tabel lebar dan tidak mungkin dimuat dalam satu kolom dari format halaman 2 kolom, maka tabel dapat disajikan dalam format halaman satu kolom.

Jika terdapat gambar maka penyajiannya dibuat center dan diacu dalam naskah. Gambar diberi judul. Judul diletakkan di bawah gambar seperti contoh Gambar 1. Jika terdapat lebih dari satu gambar maka gambar diberi nomor misalnya Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.

Kesimpulan: Bagian kesimpulan berisi rangkuman hasil yang dicapai dan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Oleh karena itu, kesimpulan agar diselaraskan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Sama seperti halnya dengan tujuan penelitian, jika terdapat lebih dari satu kesimpulan yang dituliskan maka penomorannya menggunakan angka dan bukan menggunakan bullet. Dalam kesimpulan dapat juga ditambahkan prospek pengembangan dari hasil penelitian dan aplikasi lebih jauh yang menjadi prospek kajian berikutnya.

Ucapan terima kasih Bagian ucapan terimakasih berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak (jika ada) yang telah membantu dalam kegiatan penelitian yang dilakukan. Pihak-pihak tersebut, misalnya penyandang dana penelitian, pakar yang berkontribusi dalam diskusi atau pengolah data yang terkait langsung dengan penelitian/penulisan.

Daftar Pustaka: semua referensi dan sumber-sumber penelitian yang digunakan dalam naskah haruslah: 

  • Ditulis dengan Times New Roman 12 pt dan spasi 1.
  • Menggunakan aturan American Psychological Association (APA) style.
  • Contoh penulisan daftar pustaka:

Jurnal:

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter.Jurnal Didaktik Matematika, 1 (2), 30-42.

Rochim, M. dkk. 2016. Pengembangan LKS Dengan Pendekatan PMRI Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4 (1), 35-43.

Buku:

Prastowo, A. 2014. Pengembangan LKS Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.