Implementasi Manajemen Konflik dalam Pendidikan Agama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen konflik dalam pendidikan agama di MAN 2 Lebong. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Lebong menerapkan program pendidikan karakter, mediasi dan transparansi sebagai tindakan manajemen konfliknya. Simpulan, implementasi manajemen konflik di MAN 2 Lebong tergolong sudah tepat dalam menyikapi segala permasalahan sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam.
Kata Kunci: Agama, Implementasi, Manajemen Konflik, Pendidikan
References
Anwar, S., Fauzi, M., Yani, A., & Siswoyo, S. (2023). Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam. Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.37092/hutanasyah.v1i2.530
Arum Pramudita, S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Musyawarah Pada Film Anak Indonesia “5 Elang.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 413–429. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7412
Irwandi, & Chotim, E. R. (2017). Analisis Konflik Antara Masyarakat, Pemerintah, dan Swasta. Jispo, 7(2), 24–42.
Jamali, Y. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik Di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903
Jamali, Y., & Haris, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903
Karfindo, K., & Turaina, R. (2023). Transparansi Proses Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Menggunakan AT-MOL. SMART : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 2(1), 29–34.
Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., & Yunitasari, S. E. (2023). Menumbuhkan Sikap Empati pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah di PAUD Mandiri Kota Bogor. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074.
Rahmadia, N. A., Sabila, H., Nasution, H. J., Azanni, M., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Urgensi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Nurul. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 97–105.
Suryadi, E., Haryanto, E., & Firman, F. (2022). Analisis Penyelesaian Konflik Di Sekolah Dasar Negeri 20/1 Kabupaten Batanghari. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 4(2), 1–15.
Wirhanuddin, W. (2013). Mediasi Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 1(2), 231–253.
Copyright (c) 2024 Zulkarnain Zulkarnain, Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Sisvi Kartika, Hendra Harmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.