Implementasi Manajemen Konflik dalam Pendidikan Agama

  • Zulkarnain Zulkarnain Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj IAIN Curup
  • Sisvi Kartika IAIN Curup
  • Hendra Harmi IAIN Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen konflik dalam pendidikan agama di MAN 2 Lebong. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Lebong menerapkan program pendidikan karakter, mediasi dan transparansi sebagai tindakan manajemen konfliknya. Simpulan, implementasi manajemen konflik di MAN 2 Lebong tergolong sudah tepat dalam menyikapi segala permasalahan sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam.

 

Kata Kunci: Agama, Implementasi, Manajemen Konflik, Pendidikan

References

Amelia, U., & Suryadi, S. (2015). Manajemen Konflik di Sekolah. Jurnal Improvement, 6(1), 71–85.

Anwar, S., Fauzi, M., Yani, A., & Siswoyo, S. (2023). Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam. Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.37092/hutanasyah.v1i2.530

Arum Pramudita, S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Musyawarah Pada Film Anak Indonesia “5 Elang.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 413–429. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7412

Irwandi, & Chotim, E. R. (2017). Analisis Konflik Antara Masyarakat, Pemerintah, dan Swasta. Jispo, 7(2), 24–42.

Jamali, Y. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik Di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903

Jamali, Y., & Haris, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903

Karfindo, K., & Turaina, R. (2023). Transparansi Proses Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Menggunakan AT-MOL. SMART : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 2(1), 29–34.

Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S., & Yunitasari, S. E. (2023). Menumbuhkan Sikap Empati pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah di PAUD Mandiri Kota Bogor. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1067–1074.

Rahmadia, N. A., Sabila, H., Nasution, H. J., Azanni, M., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Urgensi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Nurul. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 97–105.

Suryadi, E., Haryanto, E., & Firman, F. (2022). Analisis Penyelesaian Konflik Di Sekolah Dasar Negeri 20/1 Kabupaten Batanghari. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 4(2), 1–15.

Wirhanuddin, W. (2013). Mediasi Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 1(2), 231–253.
Published
2024-06-14
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times