IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PROFESI GURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Ketungau Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data Sekunder berupa dokumen data-data yang mendukung untuk memperkuat Analisis Kebijakan Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Ketungau Hulu. Hasil penelitian, 1) pelaksanaan kegiatan MGMP, PKB, Diklat, pengembangan kurikulum dari ketiga sekolah tersebut masih kurang, karena tidak semua guru-guru dikirim dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Serta kurangnya kesiapan kompetensi professional guru pada sektor pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi. 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru adalah pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap materi ajar, dan kurangnya kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan sebagai penunjang menjadi guru profesional. 3) Upaya terhadap kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru sudah dilaksanakan terkait pelaksanaan PKB, MGMP, pengembangan kurikulum, diklat pada tingkat sekolah, daerah, maupun provinsi tetapi pencapaian tersebut belum sepenuhnya maksimal. Simpulan, Analisis ini berdampak pada terciptanya penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik, meningkatkan kinerja dan kualitas guru untuk menjadi guru yang professional, dan terwujudnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.
Kata Kunci : Kebijakan Sekolah, Profesi Guru
Copyright (c) 2024 Agustinus Beni, Arifin Arifin, Mani Frestati Broto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.