Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen Medan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja guru dan komunikasi guru terhadap kinerja guru SMK Al-Wasliyah Pasar Senen Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Al-Wasliyah Pasar Senen Medan yang berjumlah 60 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian dengan menggunakan angket. Angket sebanyak 40 (empat puluh) pernyataan yang terlebih dahulu sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel x terhadap variabel y. uji hipotesis (uji t) untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh masing-masing variabel x terhadap variabel y dan uji hipotesis (uii f) untuk mengetahui pengaruh seluruh variabel x terhadap variabel y. dan yang terakhir koefisien determinasi simultan untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh seluruh variabel x terhadap variabel y. uji hipotesis simultan dilakukan dengan menggunakan uji f dengan df = n -1 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel dengan hasil 144,063 > 2,77 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterim, Simpulan, ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja,dan komunikasi terhadap kerja guru.
Kata kunci : Disiplin Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, , Komunikasi dan Kinerja Guru
References
Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–132i.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1104
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman
Ilmah, S. N., Latifah, N., & Magdalena, I. (2022). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Rawakidang Kabupaten Tangerang. MASALIQ, 2(1), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/masaliq.v2i1.82
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah (pp. 1–21). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138182/permendikbud-no-6-tahun-2018
Mustawan, M. D. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara, 24(1), 1–6. http://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/43
Qomusuddin, I. F., & Ubun, B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.3
Romadhon, M., & MS, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479–489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711
Selvia, A., Azhar, & Gimin. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2633–2637. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1219/1122
Sopia, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Tannjungsari. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 184–201. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2549829
Yuliana, Y., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1552–1560. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.620