Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen Medan

  • Nova Lega Hati Siregar Universitas Muhammadiyah Medan
  • Akrim Akrim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indra Prasetia Prasetia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja guru dan komunikasi guru terhadap kinerja guru SMK Al-Wasliyah Pasar Senen Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Al-Wasliyah Pasar Senen Medan yang berjumlah 60 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian dengan menggunakan angket. Angket sebanyak 40 (empat puluh) pernyataan yang terlebih dahulu sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel x terhadap variabel y. uji hipotesis (uji t) untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh masing-masing variabel x terhadap variabel y dan uji hipotesis (uii f) untuk mengetahui pengaruh seluruh variabel x terhadap variabel y. dan yang terakhir koefisien determinasi simultan untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh seluruh variabel x terhadap variabel y. uji hipotesis simultan dilakukan dengan menggunakan uji f dengan df = n -1 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel dengan hasil 144,063 > 2,77 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterim, Simpulan, ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja,dan komunikasi terhadap kerja guru.

Kata kunci : Disiplin Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, , Komunikasi dan Kinerja Guru

References

Dera, S. (2020). Implementasiperaturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 Pada Sekolah Menengah Pertama Swasta Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 1(4), 121–129. http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/view/61

Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–132i.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1104

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Ilmah, S. N., Latifah, N., & Magdalena, I. (2022). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Rawakidang Kabupaten Tangerang. MASALIQ, 2(1), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/masaliq.v2i1.82

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah (pp. 1–21). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138182/permendikbud-no-6-tahun-2018

Mustawan, M. D. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara, 24(1), 1–6. http://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/43

Qomusuddin, I. F., & Ubun, B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.3

Romadhon, M., & MS, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479–489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711

Selvia, A., Azhar, & Gimin. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2633–2637. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1219/1122

Sopia, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Tannjungsari. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 184–201. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2549829

Yuliana, Y., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1552–1560. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.620
Published
2022-06-23
Abstract viewed = 68 times
pdf downloaded = 136 times