Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Kompetensi Supervisi dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Batang Kuis

  • Nur ‘Afiyah Raisal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Akrim Akrim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah 359 orang yang tersebar di 28 sekolah dasar, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 189 guru. Dalam memperoleh sampel yang cukup representatif, dalam penelitian ini digunakan teknik proporsional random sampling karena setiap sekolah mempunyai jumlah guru yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5.1%. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi supervisi terhadap kinerja guru sebesar 6.3%. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 3.5%. (4) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi, dan profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 12.1%.

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Kompetensi Supervisi, Profesionalisme Guru, Kinerja Guru

References

Afriadi, N. (2016). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pada Sma Negeri 1 Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. None, 4(2), 14–21. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/478

Alwi, A. (2018). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 13. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i1.1373

Atikah, N., & Resisca, Y. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1034

Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Fatkurinah, W. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja: Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 90–93. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4861

Hadiwiyatno, A., W, N. M., & Hartati, C. S. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN Ngraho Bokonegoro Melalui Kompetensi Guru. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 5(2), Hal. 142–154. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/822

Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764

Indonesia, R. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. In Madrasah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan (pp. 1–2). http://repositori.kemdikbud.go.id/4794/1/Permen_13_Th-2007.pdf

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Meidiana, M., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 112. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3754

PANRB, K. (2009). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. In Kementrian Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009

Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132. https://doi.org/ttps://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5925

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Saftari, M., Panggabean, N. H., Simarmata, J., Kholifah, N., Fahmi, A. I., Subakti, H., & Harianja, J. K. (2022). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Published
2022-06-16
Abstract viewed = 22 times
pdf downloaded = 64 times