Kebijakan Kartu Indonesia Pintar untuk Memerdekakan Mahasiswa Kurang Mampu

  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari
  • Rambat Nur Sasongko Universitas Bengkulu
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan KIP kuliah, dan untuk mengetahui kendalanya selama program tersebut berjalan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptit kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan studi literatur. Program kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah adalah program pemerintah yang  memberikan bantuan dana pendidikan yang ditujukan bagi para  mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu.  Sampel peneltian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika angkatan 2020/2021 UNPARI, Lubuklinggau yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIP kuliah sebagai sebuah kebijakan sosial telah memenuhi nilai kesamaan kesempatan dalam pendidikan  sebagai salah satu instrumen penting kebijakan sosial, mahasiswa dari keluarga tidak mampu sangat terbantu, prestasi mahasiswa juga meningkat, tetapi disisi lain program KIP kuliah yang menerima bantuan belum sepenuhnya optimal untuk pemenuhan biaya kuliah, besaran dana KIP kuliah belum optimal, keterlambatan pencairan. Simpulan, kebijakan KIP kuliah telah dapat memerdekakan mahasiswa kurang mampu.

Kata Kunci: Kebijakan, Kartu Indonesia Pintar

References

Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. P. (2020). Permasalahan Dan Solusi Program Indonesia Pintar Dalam Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Di Kabupaten Bengkayang. Sebatik, 24(2), 307–314. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1137

Gutama, A. S., Fedryansyah, M., & Nuriyah, E. (2021). Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Berdasarkan Basis Nilai Keadilan Dalam Kebijakan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 389–396. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.35872

Maulana, R. (2021). Merdeka Belajar. KEMENDIKBUDRISTEK. http://elibrary.almaata.ac.id/2201/1/Merdeka Belajar.pdf
Maya, sri ismayanti, Yus, D., Syaefudin, & Didik, K. (2019). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP). Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS, 4(1), 38–45.

Perdana. (2018). Analisis dan deskripsi data. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 57–96.

Purwanto, M. A., Subroto, I. M. I., & Kurniadi, D. (2018). Sistem Rekomendasi Penerimaan Kartu Indonesia Pintar (Kip) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 3(2), 111–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/ei.3.3.%25p

Putri, N. A. Y., Subagio, R. T., & Asfi, M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Mahasiswa KIP Kuliah dengan Penerapan Metode TOPSIS dan PROMETHEE. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1394. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3268

(https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/01/160712571/ternyata-ini-manfaat-kip-kuliah-merdeka-bagi-siswa-bertalenta?page=all)

(https://mediaindonesia.com/humaniora/461656/survei-lsi-kip-kuliah-merdeka-torehkan-opini-positif)
https://setkab.go.id/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-episode-9-kip-kuliah-merdeka/
Published
2022-06-23
How to Cite
Amin, A., Sasongko, R., & Yuneti, A. (2022). Kebijakan Kartu Indonesia Pintar untuk Memerdekakan Mahasiswa Kurang Mampu. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 98-107. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v5i1.3803
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times