Kemampuan Public Speaking Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Hamzah Hamzah Universitas Islam Riau
  • Yanissya Oktavia Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al Fikri Islamic Green School Pekanbaru. Adappun perumusan masalah penelitian yaitu bagaimana kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al Fikri Islamic Green School Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data. Hasil dalam penelitian ini adalah kemampuan public speaking sangat berpengaruh terhadap semangat dan antusias peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Guru menggunakan kemampuannya dengan baik, khususnya pada kemampuan public speaking untuk mempengaruhi peserta didik dalam proses pembelajaran PAI.

Kata Kunci : Public Speaking, Guru, Pendidikan Agama Islam.

References

Cikka, H. (2020). Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(2), 359. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol15.Iss2.171

Dewi, F. U. (2016). Public Speaking kunci sukses bicara di depan publik. In Yogyakarta: Pustaka Belajar. https://www.academia.edu/4808336/Buku_Public_Speaking_Kunci_Sukses_Bicara_di_Depan_Publik_Fitriana_Utami_Dewi

Kharismawati, F. A. (2018). Desain Pengembangan Kemampuan Public Speaking Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Siswa SDI AR-Roudloh Miru Sekaran Lamongan Tahun Pelajaran 2018/2019. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 90–98. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1623/1019

Meiriza, M. (2019). Kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran PAI di SMP Islam At-Taqwa Pamulang (pp. 1–92). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45272

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuaf, 9(2), 21–28.

Pangestika, R. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. Edukasi Journal, 10(1), 31–40. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.1992

Rifat, M. R., Amin, M. R., & Ahmed, S. I. (2022). Situating Public Speaking: The Politics and Poetics of the Digital Islamic Sermons in Bangladesh. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 6(CSCW1), 1–28. https://doi.org/10.1145/3512911

Subhan Roza, A., Rafli, Z., & Rahmat, A. (2019). The Implementation of Contextual Teaching Learning (CTL) to Improve the Students’ Speaking Ability in Islamic Studies Course. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(4), 45. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.8n.4p.45

Swestin, G., & Primasanti, K. B. (2014). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Scriptura, 4(2), 60–68.

Wutsqo, Z. U., Nuraini, N., & Laksana, S. D. (2020). Implementasi Public Speaking dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab. TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(2), 75. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.504
Published
2022-06-19
Abstract viewed = 350 times
pdf downloaded = 182 times