Kemampuan Public Speaking Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al Fikri Islamic Green School Pekanbaru. Adappun perumusan masalah penelitian yaitu bagaimana kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al Fikri Islamic Green School Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data. Hasil dalam penelitian ini adalah kemampuan public speaking sangat berpengaruh terhadap semangat dan antusias peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Guru menggunakan kemampuannya dengan baik, khususnya pada kemampuan public speaking untuk mempengaruhi peserta didik dalam proses pembelajaran PAI.
Kata Kunci : Public Speaking, Guru, Pendidikan Agama Islam.
References
Dewi, F. U. (2016). Public Speaking kunci sukses bicara di depan publik. In Yogyakarta: Pustaka Belajar. https://www.academia.edu/4808336/Buku_Public_Speaking_Kunci_Sukses_Bicara_di_Depan_Publik_Fitriana_Utami_Dewi
Kharismawati, F. A. (2018). Desain Pengembangan Kemampuan Public Speaking Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Siswa SDI AR-Roudloh Miru Sekaran Lamongan Tahun Pelajaran 2018/2019. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 90–98. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1623/1019
Meiriza, M. (2019). Kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran PAI di SMP Islam At-Taqwa Pamulang (pp. 1–92). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45272
Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuaf, 9(2), 21–28.
Pangestika, R. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. Edukasi Journal, 10(1), 31–40. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.1992
Rifat, M. R., Amin, M. R., & Ahmed, S. I. (2022). Situating Public Speaking: The Politics and Poetics of the Digital Islamic Sermons in Bangladesh. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 6(CSCW1), 1–28. https://doi.org/10.1145/3512911
Subhan Roza, A., Rafli, Z., & Rahmat, A. (2019). The Implementation of Contextual Teaching Learning (CTL) to Improve the Students’ Speaking Ability in Islamic Studies Course. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(4), 45. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.8n.4p.45
Swestin, G., & Primasanti, K. B. (2014). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Scriptura, 4(2), 60–68.
Wutsqo, Z. U., Nuraini, N., & Laksana, S. D. (2020). Implementasi Public Speaking dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab. TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(2), 75. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.504