Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru melalui Produktivitas Kerja Guru pada SMK Negeri di Kota Depok
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out. 1) The effects direct of motivation and compensation towards work productivity teachers of state vocational school in Depok city. 2)The effects direct of motivation,compensation and work productivity towards performance teachers of state vocational school in Depok city. 3) The effects indirect of motivation and compensation towards performance through the work motivation teachers of state vocational school in Depok. The methode used in this research is a survey with technical path analysis and samples is 60 respondents. The results of the study show: 1) There are significant effects direct of motivation and compensation towards work productivity teachers of state vocational school in Depok city. Motivation varaibles contributed 54,7% towards work productivity. 2) There are significant effects direct of motivation, compensation and work productivity towards performance teachers of state vocational school in Depok. Motivation, compensation, and worka productivity variables contributed 63,7% to performance teachers of state vocational school in Depok city 3) There are significant effects indirect of motivation and compensation towards performance through the motivation teachers of state vocational school in Depok. This is evidenced by the value of the indirect effect of 0,305 > the value of the direct effect 0,229, it can be concluded that there is a significant indirect effect of variable (X1) towards (Y) through (Z). And then the value of indirect effect of the compensation variabel X2 (0,214) > direct value (0,209), it is concluded that there is a significant indirect effect of the variable X2 towards Y through Z.
Keywords: motivation, compensation, performance teachers, work productivity teachers.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh langsung motivasi dan kompensasi terhadap produktivitas kerja guru SMK Negeri di Kota Depok. 2) Pengaruh langsung motivasi, kompensasi dan produktivitas kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Depok. 3) Pengaruh tidak langsung motivasi dan kompensasi terhadap kinerja melalui produktivitas kerja guru SMK Negeri di Kota Depok. Metode dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan teknik analisis jalur dan jumlah sampel 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat Pengaruh yang signifikan Motivasi dan Kompensasi terhadap Produktivitas Kerja Guru SMK Negeri di Kota Depok. Variabel Motivasi Kerja dan Kompensasi memberikan kontribusi sebesar 54,7% terhadap Produktivitas Kerja 2) Terdapat Pengaruh yang signifikan Motivasi, Kompensasi dan Produktivitas Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Depok. Variabel Motivasi, Kompensasi, dan Produktivitas Kerja memberikan kontribusi sebesar 63,7% terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Depok 3) Terdapat Pengaruh tidak langsung yang signifikan Motivasi, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Produktivitas Kerja Guru SMK Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai pengaruh tidak langsung (0,305) > nilai pengaruh langsung (0,229). maka disimpulkan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan variabel X1 terhadap Y melalui Z. Selanjutnya nilai pengaruh tidak langsung variabel Kompensasi (X2) (0,214) > nilai langsung (0,209), maka disimpulkan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan variabel X2 terhadap Y melalui Z.
Kata Kunci: Motivasi, kompensasi, kinerja guru, produktivitas kerja guru.
References
Ametembun. (2012). Administrasi personil sekolah. Bandung: Suri.
Anggalia. W. (2013). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Indosat Tbk Cabang Bandar Lampung. Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi (GEMA). Vol. 5
Bafadal, I. (2005). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: PT Bumi. Aksara.
Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djumanta
Gorda, I.G.N. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara
Hasibuan M. (2013). Organisasi dan motivasi: dasar peningkatan produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen sumber daya manusia, cetakan ketigabelas, edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara
https://www.spssindonesia.com/2017/03/cara-uji-analisis-jalur-path-analysis.html
Mangkunegara, A.P. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2009). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Robbins, S. (2003). Management. New Jersey: Prentice hall, Seventh Edition
Sardiman. (2010). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sedarmayanti, (2014). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. cetakan ketujuh. Bandung: Refika Aditama
Sedarmayanti, (2010). Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. cetakan kedua. Bandung: Mandar Maju
Sutrisno, E. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana.
Wulan. 2013. Hubungan Disiplin Dengan Kinerja Guru SMA Negeri Di Tiga Kecamatan Kota Depok. Jurnal Ilmiah 1(2): 100 ± 112.
Wursanto. (2009). Dasar-dasar ilmu organisasi. Yogyakarta: Andi.