Fungsi Persepsi Guru terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas

  • Hamdan Hamdan Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Mufti Afan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya fungsi    gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggausecara terpisah maupun simultan. Populasi subjek penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis regresi dan korelasi. Hasil analisis ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (Freg =22,644, p < 0,05), (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru (Freg = 20,662, p < 0,05), (3) terdapat kontribusi yang positif terhadap kinerja guru (Freg = 65,552, p < 0,05), motivasi kerja  terhadap kinerja guru (Freg = 28,487, p < 0,05). Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau secara terpisah maupun simultan.

Kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru.

References

Andreas, Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Amara Books

Arbe dan Syahrun, S. 1991. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Buford, J. James A. dan A. G. Bedeian. 1988. Management in Extension (2nd). Auburn Academi Coorperative Extension Service: Aburn University

Darma, A. 1992. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Davis, Keith & John W.Newstrom.1972. Human Behavior at Work: Organizational Behavior. Terj.Agus Dharma. Jakarta:Erlangga.

Gibson, J.L. Irmcevich JM and Domely, Ir. JL. 1994 Organisasi dan Manajemen (Perilaku Struktur, Proses). Terjemahan, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, Melayu. 1994. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Herzberg, F et al. 1959. Motivation to Work. New York: John Wiley and Sons Inc.

Herzberg, F. 1996. Work and the Nature of Man. New York: World Publishing Company.

Hoy, K,W dan C.G Miskell. 1987. Educational Administration: Theory Research and Practice (2nd). New York: Random House.

Owen, R.G. 1995. Organization Beharvior in Education (4th cd), Bostom : Allyn in Bacon, Inc.

Purwanto, M.N. 1987. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung, Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Robbins, Stephen P. 1996. Organizational Behavior. Concept Controversies,
and Applications. Terj.Hadyana Pujaatmaka. Jakarta: PT Prenhallindo.

Sagala. Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta:PT.Nimas Multima.

Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Terry, GR. 1991. Prinsip-prinsip Manajemen. Terjemahan Oleh DFM.J. Smith. Jakarta: IPPM dan Pustaka Bina Iman Presindo

Thoha, M. 1983. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : CV. Rajawali.
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib. 2003. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendekia Surabaya.

Zainun, B. 1986. Manajemen dan Motivasi. Jakarta. Balai Aksara
Published
2022-12-20
Abstract viewed = 52 times
pdf downloaded = 49 times