Fungsi Persepsi Guru terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya fungsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggausecara terpisah maupun simultan. Populasi subjek penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis regresi dan korelasi. Hasil analisis ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (Freg =22,644, p < 0,05), (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru (Freg = 20,662, p < 0,05), (3) terdapat kontribusi yang positif terhadap kinerja guru (Freg = 65,552, p < 0,05), motivasi kerja terhadap kinerja guru (Freg = 28,487, p < 0,05). Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau secara terpisah maupun simultan.
Kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru.
References
Arbe dan Syahrun, S. 1991. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Buford, J. James A. dan A. G. Bedeian. 1988. Management in Extension (2nd). Auburn Academi Coorperative Extension Service: Aburn University
Darma, A. 1992. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
Davis, Keith & John W.Newstrom.1972. Human Behavior at Work: Organizational Behavior. Terj.Agus Dharma. Jakarta:Erlangga.
Gibson, J.L. Irmcevich JM and Domely, Ir. JL. 1994 Organisasi dan Manajemen (Perilaku Struktur, Proses). Terjemahan, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Melayu. 1994. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Herzberg, F et al. 1959. Motivation to Work. New York: John Wiley and Sons Inc.
Herzberg, F. 1996. Work and the Nature of Man. New York: World Publishing Company.
Hoy, K,W dan C.G Miskell. 1987. Educational Administration: Theory Research and Practice (2nd). New York: Random House.
Owen, R.G. 1995. Organization Beharvior in Education (4th cd), Bostom : Allyn in Bacon, Inc.
Purwanto, M.N. 1987. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung, Alfabeta.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Robbins, Stephen P. 1996. Organizational Behavior. Concept Controversies,
and Applications. Terj.Hadyana Pujaatmaka. Jakarta: PT Prenhallindo.
Sagala. Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta:PT.Nimas Multima.
Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Terry, GR. 1991. Prinsip-prinsip Manajemen. Terjemahan Oleh DFM.J. Smith. Jakarta: IPPM dan Pustaka Bina Iman Presindo
Thoha, M. 1983. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : CV. Rajawali.
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainal Aqib. 2003. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendekia Surabaya.
Zainun, B. 1986. Manajemen dan Motivasi. Jakarta. Balai Aksara