Budaya Organisasi Sekolah Upaya Meningkatkan Prestasi Mahasiswa di Revolusi Industri 4.0

  • yahya yahya universitas negeri padang
  • Rafikah Bestri Universitas Negeri Padang
  • Sri Mures Walef Universitas Negeri Padang

Abstract

Revolusi adalah perubahan yang mendasar pada aktivitas manusia dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan kehidupan. Proses ini akan mempengaruhi system pendidikan yang akan dijalankan, dimana pendidikan harus mampu membekali peserta didik dengan keterampilan mencari, menganalisa, menemukan, menyimpulkan, kemudian menyampaikan serta tata cara menggunakan informasi dan teknologi. Era Revolusi Industri 4.0 memberikan tuntutan tersendiri bagi dunia pendidikan, lembaga pendidikan harus mempersiapkan pendekatan baru dalam bidang pendidikan, lembaga pendidikan harus memiliki literasi baru  berupa literasi data, teknologi dan sumber daya manusia.

Pendidikan pada era revolusi industri 4.0 harus mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya  manusia, adaptasi dan pembaharuan dalam komponen pendidikan, peningkatan kompetensi dan keterampilan pendidik dan melibatkan teknologi pada proses pembelajaran. Kurikulum harus mampu meningkatkan kemampuan peserta didik yang siap menghadapi era revolusi industri dengan penekanan pada bidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). Agar dapat melahirkan peserta didik yang sesuai dengan tuntutan zaman, dibutuhkan Sekolah yang memiliki budaya organisasi yang kuat (Bayar,2021)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk medskripsikan bahwa memperkuat budaya organisasi sekolah merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini merupakan kajian literatur pada beberapa hasil penelitian.  Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Temuan dari penelitian ini menyatakan 1) Budaya Organisasi Sekolah yang kuat dapat membantu meningkatkan kemampuan perserta didik. 2) Budaya Organiasi sekolah yang lemah menjadikan komitmen kerja guru rendah. 3) Komitmen kerja yang rendah menyebabkan prestasi peserta didik juga rendah.

References

Aly, H. N. (2016). Watak Pendidikan Islam. In Friska Agung Insani.

Beard, K. S., Hoy, W. K., & Woolfolk Hoy, A. (2010). Academic optimism of individual teachers: Confirming a new construct. Teaching and Teacher Education, 26(5), 1136–1144. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.02.003

Daga, R., Maddatuang, B., & Wahyuni, R. (2020). Faktor–Faktor Penghambat Penggunaan E-Commerce pada Usaha Mikro Kecil di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 3(3), 115–127. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/843

DiPaola, M., & Wagner, C. A. (2018). Improving instruction through supervision, evaluation, and professional development. IAP.

Forsyth, P. B., Adams, C. M., & Hoy, W. K. (2011). Collective trust. In Why schools can’t improve. https://doi.org/978-0-8077-5167-1

Hattie, J. (2009). Visibly learning from reports: The validity of score reports. In Online Educational Research Journal. https://pbtymms.webspace.durham.ac.uk/wp-content/uploads/sites/249/2021/07/4.pdf

Holzman, S. (2012). Collective Trust: Why Schools Can’t Improve without It. Journal of Educational Administration, 50(2), 255–257. https://doi.org/10.1108/09578231211210611

Hoy, W. E., Kondalsamy-Chennakesavan, S., Smith, J., Sharma, S., Davey, R., & Gokel, G. (2006). Setting Up Chronic Disease Programs. Ethnicity & Disease, 16, 73–78. https://www.jstor.org/stable/48667026

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2014). Administrasi Pendidikan: teori, riset, dan praktik. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar (9th ed.). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=956669

Husni, Fahrurrozi, & Maujud, F. (2023). Pengaruh Pendidikan Guru Penggerak Dan Kompetensi Kepemimpinan Terhadap Kompetensi Manajerial Guru Penggerak SMP Di Kabupaten Lombok Barat. In Gulawentah : Jurnal Studi Sosial. https://etheses.uinmataram.ac.id/4514/

Inayah, I. F., Amir, S. M., & Harahap, A. M. (2021). Mengatasi Pesimis Remaja Dalam Jiwa Keberagaman. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 143–152. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/264

Khusnabatun, S. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Film Hichki Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kirby, M., & DiPaola, M. (2009). Academic optimism and student achievement: A path model. In Studies in School Improvement: Volume 8 in the Series-Research and Theory in Edcuational Administration (pp. 77–94). Information Age Publishing.
https://www.researchgate.net/publication/261426263_Academic_optimism_and_achievement_A_path_model

Masruroh, B., & Kolis, N. (2024). Kepemimpinan Pembelajaran Guru Penggerak Dalam Program Merdeka Belajar. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(01), 12–27. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/excelencia/article/view/3030
McGuigan, L., & Hoy, W. K. (2006). Principal leadership: Creating a culture of academic optimism to improve achievement for all students. Leadership and Policy in Schools, 5(3), 203–229. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/15700760600805816

Mudjiran, M. S. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-Prinsip Psikologi Dalam Pembelajaran. Prenada Media.

Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish.
Pakpahan, B. A. S. (2022). Budaya Organisasi, Manajemen Konflik, Keadilan Prosedural dan Kepuasan pada Pekerjaan. Publica Indonesia Utama.

Peterson, K. D., & Deal, T. E. (2009). The shaping school culture fieldbook. John Wiley & Sons.

Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Urgensi Pendidikan Humanisme Dalam Bingkai A Whole Person. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1), 1–11.
https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/haridracarya/article/view/619/0

Schneider, B., & Bryk, A. (2002). Trust in schools: A core resource for improvement. Russell Sage Foundation. https://muse.jhu.edu/book/15670/

Seligman, M. E. P. (2016). Flourish: A Visionary New Understanding of Happiness and well-being. In NHRD Network Journal. https://onesearch.id/Record/IOS3774.JAKPU000000000115655

Suradi, A. (2018). Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 25–43. https://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/117

Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37920

Yusnita, R., & Aslami, N. (2022). Strategi Pengelolaan Kepemimpinan dan Perubahan Organisasi. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 127–136. https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA/article/view/157
Published
2024-05-15
Abstract viewed = 18 times
pdf downloaded = 14 times