Hubungan Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar

  • Riki Anggara Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Metroyadi Metroyadi Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar sebanyak 166 orang dengan jumlah sampel sebanyak 117 orang responden yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,539, (2) motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,221, (3) komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,389, (4) iklim kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,804, (5) motivasi kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,154, (6) iklim kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,312, (7) motivasi kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,060. Berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square variabel kepuasan kerja sebesar 0,766. Hal ini berarti variabel iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 76,6% sedangkan sisanya sebesar 23,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Sedangkan nilai R Square variabel komitmen kerja sebesar 0,667. Hal ini berarti variabel iklim kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap komitmen kerja sebesar 66,7% sedangkan sisanya sebesar 33,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.

Kata Kunci : Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kepuasan Kerja

References

Aslamiah, A. (2018). Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Profesional Learning Community (PLC), Dan Motivasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Kecamatan Banjarmasin Timur. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/13636

Dhani, N. K. S. J., & Surya, I. B. K. (2023). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Pt Bali Busana Kreasi Di Kabupaten Badung). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 12(6), 602. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p04

Harahap, M. E., & Suriansyah, A. (2019). Relationship of instructional leadership, organizational climate and teacher’s commitment to job satisfaction. Journal of K6 Education and Management, 2(4), 260–270. https://j-k6em.org/index.php/jkemorg/article/view/91

Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Hamsinah, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 702–709. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/view/20399

Karyadi, A., Wahyu, W., & Metroyadi, M. (2022). The Effect of Principal Instructional Leadership, Work Climate and Work Motivation on Teachers’ Organizational Citizenship Behavior in MTsN throughout Hulu Sungai Selatan Regency. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-28

Kurniawati, E., & Mistar. (2019). Pengaruh Iklim Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Kantor BKD Kabupaten Bima. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI). https://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/876

Kusrini, L., Suriansyah, A., & Saleh, M. (2018). The Influence of Supervision of Academic Supervisor with Commitment and Work Motivation on Performance of Teachers of The State High School in Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7). https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/2098

Kusumaputri, E. S. (2018). Komitmen pada perubahan organisasi (perubahan organisasi dalam perspektif islam dan psikologi). Deepublish. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21438/
Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi.

Mistiah, M., Wahyu, W., & Suhaimi, S. (2022). Correlation among Principal Transformational Leadership, Interpersonal Communication and Organizational Commitment on Teacher Performance in Public Elementary Schools in Paringin District, Balangan Regency. International Journal of Social Science and Human Research. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-31

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Nurafifah, F. F., Sudrajat, A., & Akbar, Z. (2021). The Effect of Academic Motivation and Information Literature Self-Efficiency on Student Academic Achievement. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 421–429. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2952

Ozdoba, P., Dziurka, M., Pilewska-Kozak, A., & Dobrowolska, B. (2022). Hospital Ethical Climate and Job Satisfaction among Nurses: A Scoping Review. In International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph19084554

Purba, D. F., & Rangkuti, F. (2022). Pengaruh Teori Motivasi Dua Faktor Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Survei pada 16 Sekolah Perkumpulan Strada Cabang Jakarta Utara Timur). Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 727–732. https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/2282

Rambe, R. J. (2023). Pengaruh Iklim Kerja, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Tapanuli Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4(1), 68–77. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/15841

Rivaldo, Y. (2021). Leadership and Motivation to Performance through Job Satisfaction of Hotel Employees at D’Merlion Batam. The Winners. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7039

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Organizational Behavior (Perilaku Organisasi). In Pearson Education. Salemba Empat.

Rusydiati. (2017). Kepuasan Kerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01).
https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/518

S.K Mwaniki, G., Ngunjiri, D. M., & Kiumi, P. J. K. (2018). Relationship Between Parents’ Commitment to their Children’s Education and Level of Students’ Discipline in Public Secondary Schools in Naivasha Sub-County, Kenya. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i3.el08

Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69–78. https://doi.org/10.21009/PIP.331.8

Silfiati, S., Aslamiah, A., & Metroyadi, M. (2022). The Influence of Principal Situational Leadership, Teacher Work Climate and Teacher Job Satisfaction with Teacher Performance at SDN in Awayan District. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-101

Subagia, N. K. T. F., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja Dan Tunjangan Profesi Terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 101–110. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2796

Suriansyah, A., & . A. (2015). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Tawan, A., Nazarudin, M. N., Noordin, Z., Tu, M. M., & Watinin, N. (2020). Hubungan motivasi, kecerdasan emosi dan efikasi dengan kepuasan kerja guru di sekolah rendah. International Research Journal of Education and Sciences (IRJES), 4(1), 1–12. https://www.masree.info/wp-content/uploads/2020/06/2-Hubungan-Motivasi-Kecerdasan-Emosi-Dan-Efikasi-Dengan-Kepuasan-Kerja-Guru-Di-Sekolah-Rendah.pdf

Usman, M. U. (2018). Menjadi Guru Profesional (satu). https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23631
Wahyuni, D. U., Christian, B., & Eliyana, A. (2022). The Correlation among Teacher Professionalism, Work Motivation and Work Discipline on Teacher Performance. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-30

Wahyuni, D. U., Christiananta, B., & Eliyana, A. (2014). Influence of organizational commitment, transactional leadership, and servant leadership to the work motivation, work satisfaction and work performance of teachers at private senior high schools in Surabaya. Educational Research International, 3(2), 82–96. http://erint.savap.org.pk/PDF/Vol.3(2)/ERInt.2014(3.2-10).pdf
Published
2024-06-30
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 8 times