Hubungan Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar sebanyak 166 orang dengan jumlah sampel sebanyak 117 orang responden yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,539, (2) motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,221, (3) komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,389, (4) iklim kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,804, (5) motivasi kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,154, (6) iklim kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,312, (7) motivasi kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,060. Berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square variabel kepuasan kerja sebesar 0,766. Hal ini berarti variabel iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 76,6% sedangkan sisanya sebesar 23,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Sedangkan nilai R Square variabel komitmen kerja sebesar 0,667. Hal ini berarti variabel iklim kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap komitmen kerja sebesar 66,7% sedangkan sisanya sebesar 33,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.
Kata Kunci : Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kepuasan Kerja
References
Dhani, N. K. S. J., & Surya, I. B. K. (2023). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Pt Bali Busana Kreasi Di Kabupaten Badung). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 12(6), 602. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p04
Harahap, M. E., & Suriansyah, A. (2019). Relationship of instructional leadership, organizational climate and teacher’s commitment to job satisfaction. Journal of K6 Education and Management, 2(4), 260–270. https://j-k6em.org/index.php/jkemorg/article/view/91
Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Hamsinah, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 702–709. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/view/20399
Karyadi, A., Wahyu, W., & Metroyadi, M. (2022). The Effect of Principal Instructional Leadership, Work Climate and Work Motivation on Teachers’ Organizational Citizenship Behavior in MTsN throughout Hulu Sungai Selatan Regency. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-28
Kurniawati, E., & Mistar. (2019). Pengaruh Iklim Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Kantor BKD Kabupaten Bima. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI). https://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/876
Kusrini, L., Suriansyah, A., & Saleh, M. (2018). The Influence of Supervision of Academic Supervisor with Commitment and Work Motivation on Performance of Teachers of The State High School in Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7). https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/2098
Kusumaputri, E. S. (2018). Komitmen pada perubahan organisasi (perubahan organisasi dalam perspektif islam dan psikologi). Deepublish. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21438/
Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi.
Mistiah, M., Wahyu, W., & Suhaimi, S. (2022). Correlation among Principal Transformational Leadership, Interpersonal Communication and Organizational Commitment on Teacher Performance in Public Elementary Schools in Paringin District, Balangan Regency. International Journal of Social Science and Human Research. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-31
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nurafifah, F. F., Sudrajat, A., & Akbar, Z. (2021). The Effect of Academic Motivation and Information Literature Self-Efficiency on Student Academic Achievement. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 421–429. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2952
Ozdoba, P., Dziurka, M., Pilewska-Kozak, A., & Dobrowolska, B. (2022). Hospital Ethical Climate and Job Satisfaction among Nurses: A Scoping Review. In International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph19084554
Purba, D. F., & Rangkuti, F. (2022). Pengaruh Teori Motivasi Dua Faktor Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Survei pada 16 Sekolah Perkumpulan Strada Cabang Jakarta Utara Timur). Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 727–732. https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/2282
Rambe, R. J. (2023). Pengaruh Iklim Kerja, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Tapanuli Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4(1), 68–77. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/15841
Rivaldo, Y. (2021). Leadership and Motivation to Performance through Job Satisfaction of Hotel Employees at D’Merlion Batam. The Winners. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7039
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Organizational Behavior (Perilaku Organisasi). In Pearson Education. Salemba Empat.
Rusydiati. (2017). Kepuasan Kerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01).
https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/518
S.K Mwaniki, G., Ngunjiri, D. M., & Kiumi, P. J. K. (2018). Relationship Between Parents’ Commitment to their Children’s Education and Level of Students’ Discipline in Public Secondary Schools in Naivasha Sub-County, Kenya. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i3.el08
Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69–78. https://doi.org/10.21009/PIP.331.8
Silfiati, S., Aslamiah, A., & Metroyadi, M. (2022). The Influence of Principal Situational Leadership, Teacher Work Climate and Teacher Job Satisfaction with Teacher Performance at SDN in Awayan District. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-101
Subagia, N. K. T. F., Yudana, M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja Dan Tunjangan Profesi Terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 101–110. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2796
Suriansyah, A., & . A. (2015). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
Tawan, A., Nazarudin, M. N., Noordin, Z., Tu, M. M., & Watinin, N. (2020). Hubungan motivasi, kecerdasan emosi dan efikasi dengan kepuasan kerja guru di sekolah rendah. International Research Journal of Education and Sciences (IRJES), 4(1), 1–12. https://www.masree.info/wp-content/uploads/2020/06/2-Hubungan-Motivasi-Kecerdasan-Emosi-Dan-Efikasi-Dengan-Kepuasan-Kerja-Guru-Di-Sekolah-Rendah.pdf
Usman, M. U. (2018). Menjadi Guru Profesional (satu). https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23631
Wahyuni, D. U., Christian, B., & Eliyana, A. (2022). The Correlation among Teacher Professionalism, Work Motivation and Work Discipline on Teacher Performance. International Journal of Social Science and Human Research, 05(06). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-30
Wahyuni, D. U., Christiananta, B., & Eliyana, A. (2014). Influence of organizational commitment, transactional leadership, and servant leadership to the work motivation, work satisfaction and work performance of teachers at private senior high schools in Surabaya. Educational Research International, 3(2), 82–96. http://erint.savap.org.pk/PDF/Vol.3(2)/ERInt.2014(3.2-10).pdf
Copyright (c) 2024 Riki Anggara Putra, Ahmad Suriansyah, Metroyadi Metroyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.