Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Pammana)

  • Riska Ramayana Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhammad Arafah Universitas Puangrimaggalatung
  • Besse Herlina Universitas Puangrimaggalatung
  • Rizal Irfandi Universitas Negeri Makassar

Abstract

This research discusses the implementation of school principal leadership in character education. The method used is a library research approach. Literature study involves collecting data, reading, taking notes, and processing research materials. Based on data and research results conducted by researchers, the Implementation of Principal Leadership in Character Education at SMP Negeri 2 Pammana is implemented as follows: firmness and discipline, the leadership role of the principal as a motivator, creating a conducive school climate and culture; and the example of the school principal. The conclusion is that character formation is the development of knowledge and action.

Keywords: Implementation, Leadership, and Character Education

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655

Gultom, M. H., Pratiwi, S. N., & Prasetia, I. (2021). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan Dengan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah Di SD Swasta Parulian 2 Kecamatan Tegal Sari Mandala II. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(1), 1–18. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/29465

Hariandi, A., Dwitama, D. B. D. P., Rahman, N. A., Ramadhani, R., & Yunsacintra, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328

Hidayah, K. T. N. (2019). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Empirik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019) SKRIPSI. In Skripsi.

Ismail, I. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Budaya. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i1.260

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal, 1(1), 119–125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1344

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://digilib.uinsgd.ac.id/5122/

RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sikdiknas. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. https://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506

Septiana, T. N. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kualitas Tenaga Pendidik Di Ra Al Ikhlas Pemetung Basuki Oku Timur. UIN RADEN INTAN LAMPUNG. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19098

Sholeh, A., H, D. E., & P., S. A. (2019). Bentuk Ketegasan Dalam Proses Pembelajaran “Dampak Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SDN Kaliwiru Semarang". Janacitta, 2(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i2.257

Somantri, F. I., & Endaryono, B. T. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.489

Syaeba, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Kabupaten Polewali Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(1), 43–56. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/179

Windu Gumati, R. (2021). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berdasarkan Model Kepemimpinan Islam Berbasis Kearifan Lokal Di Lembaga Pendidikan Agama. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.131
Published
2024-06-14
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 3 times