PENGARUH BRAND IMAPENGARUH BRAND IMAGE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PRODUK LIPSTIK WARDAH DI KOTA SURABAYAGE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PRODUK LIPSTIK WARDAH DI KOTA SURABAYA

  • Nadhiya Hana Aushafina Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sugeng Purwanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: Kata Kunci: Brand Image; Customer Loyalty; Perceived Value

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana customer loyalty produk lipstik Wardah di Kota Surabaya dipengaruhi oleh brand image dan perceived value. Skala Likert yang berkisar dari 1 hingga 5 digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur variabel. Pelanggan produk lipstik di Kota Surabaya digunakan sebagai populasi dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang memenuhi kriteria berikut: seorang perempuan, tinggal di Kota Surabaya, telah membeli lipstik Wardah sekurang-kurangnya dua kali, dan berusia paling rendah 17 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan kuesioner disebarkan melalui Google Form. Data primer digunakan dalam penelitian ini dan SmartPLS digunakan untuk uji data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Brand image berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty produk lipstik Wardah di Kota Surabaya, dan 2) Perceived value berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty produk lipstik Wardah di Kota Surabaya.

References

Adi, D. R., & Soebiantoro, U. (2023). Analisis Pengaruh Brand Image dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Coffee Shop Jokopi Dinoyo Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7021-7028.
Amriah Amir, S. L. (2020). Pengaruh Perceived Value, Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelangan Indihome Pt. Telkom Manado). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 612-627.
Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 4(2), 307-316.
Firmansyah, R. D., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Jasa Wedding Organizer Mahar Agung Surabaya. Jurnal Manajemen dan Sains, 7(2), 658-662.
Hasibuan, L. (2022, November 4). CNBC Indonesia. Retrieved Maret 13, 2024, from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33- 385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi
Kelvianto, Y. E. (2020). Pengaruh Perceived Value, Brand Image, Dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(2), 6-11.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management: 15th Edition. Pearson Education.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. Pearson Education.
Laila, N., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Skincare Ms Glow Di Surabaya. Journal of Management & Business, 5(2), 453-464.
Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Shopee Indonesia. Journal Business and Management, 1(1), 11-23.
Maulana, R., Alwie, A. F., & Kartikowati, S. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Dan Perceived Value Terhadap Loyalty Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Rumah Makan Padang Di Kecamatan Rengat. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 6(2), 165-178.
Nyarmiati, & Astuti, S. R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 10(2), 1-14.
Octarinie, N. (2020). Pengaruh Customer Perceived Value (Persepsi Nilai Oleh Pelanggan) Dan Customer Perceived Quality (Persepsi Mutu Oleh Pelanggan) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cv. Qyta Dental Persada Laboratory. Jurnal Manajemen, 8(1), 43-56.
Oktavia, Y., & Sudarwanto, T. (2023). Dampak Brand Image Dan Brand Awareness Bagi Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Kecantikan Wardah Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(3), 240-252.
Rahmayani. (2023). Pengaruh Perceived Value Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Engagement Pada Pelanggan Indihome Di Kecamatan Medan Sunggal. Universitas Medan Area.
Ramadhany, A., & Supriyono. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Ap Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 199-206.
Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70-83.
Top Brand Award. (2022, November 22). Top Brand Award. Retrieved April 9, 2024, from https://www.topbrand-award.com/article/detail/bagaimana-penilaian-bagi-merek-dalam-survei-top-brand
Yogaswara, I. N., & Pramudana, K. A. (2022). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Warung Kopi Bhineka. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 82-101.
Published
2024-11-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times