PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMK NEGERI 3 KESEHATAN DAN PEKERJAAN SOSIAL MIMIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan otokratis, demokratis, dan laissez faire terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 3 Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Mimika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Instrumen alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan gaya kepemimpinan otokratis dan gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sedangkan gaya kepemimpinan laissez faire tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 3 Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Mimika.
References
Ashlan, S., & Akmaluddin. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannnya). Penerbit Yayasan Barcode, Makassar.
Azis, A. Q., & Suwatno. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 246–253. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18020
Djunaedi, R. N., & Gunawan, L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 401–408. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.104
Firmana, A. A. (2018). Analisis Dampak Karakteristik Kepribadian Dan Gaya Kepemimpinan Otokratis Terhadap Kinerja Karyawan Pada Atteena Hijab Jombang. Manajemen Bisnis, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.22219/jmb.v8i1.7047
Frismelly, A., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dirasah, 4(2), 82–88. https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i2.308
Hardian, F., Rahardjo, K., & Hakam, M. S. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap Service Center Panasonic Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1–7. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/716
Islami, K. B., & Kusumaningsih, L. P. S. (2020). Hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Otokratis dengan Kinerja Karyawan PT. Bank BPR Nusamba Ampel Boyolali. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 94–104. https://doi.org/org/10.30659/psisula.v2i0.13074
Julikha, P., Suratno, E., & Pasaribu, J. Pa. K. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(4), 873–880. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1368
Juniarti, A., & Putri, D. G. (2021). Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Kinerja. Penerbit CV. Pena Persada, Purwokerto Selatan.
Khaeruman, Marnisah, L., Idrus, S., Irawati, L., Farradia, Y., Erwantiningsih, E., Hartatik, Supatmin, Yuliana, Aisyah, N., Natan, N., Widayanto, M. T., & Ismawati. (2021). Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Studi Kasus. Penerbit CV. AA RIZKY, Serang.
Pradita, T. R., & Wardhana, A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) Cabang Soekarno Hatta bandung. E-Proceeding of Management, 5(2), 2627–2633. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6966
Salsabila, N., Rachmawati, U., Anugraheni Puspita, Jasmine, S. F., Abelia Fayza El Zahra, & Rahmanjani, R. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK Wijaya Putra Surabaya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 168–178. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i2.1476
Shalahuddin. (2021). Investigasi Dampak Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran. Forum Ekonomi, 23(3), 625–632.
Tumbol, C. L., Tewal, B., & Sepang, J. L. (2014). Gaya Kepemimpinan Otokratis, Demokratik Dan Laissez Faire Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan Pada Kpp Pratama Manado. Jurnal EMBA, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.3516
Copyright (c) 2024 Lisken Askana Ria Batubara, Ahmad Tomu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.