PREFERENSI KONSUMEN CITARASA KOPI KAPAL API DAN KOPI SANGGABUANA

Authors

  • Dadan Hamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Netty Nurlenawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Flora Patricia Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/1gzq1481

Keywords:

Preferensi Konsumen, Citarasa, Kopi Kapal Api, Kopi Sanggabuana

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui preferensi konsumen terhadap kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana serta mengetahui perbandingan preferensi konsumen terhadap kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian komparatif.  Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang merupakan karyawan di PT Suryacipta Swadaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan untuk melakukan analisis perbandingan dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai citarasa aroma khas untuk kopi Sanggabuana, sedangkan untuk kopi Kapal Api yang paling disukai adalah citarasa keharuman saat diseduh. Perbandingan preferensi konsumen terhadap citarasa kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana tidak berbeda secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini bagi produsen kopi Sanggabuana adalah meningkatkan kegiatan pemasaran.

References

Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran pariwisata: Pendekatan perilaku wisatawan. Malang: Media Nusa Creative.

Enggartyasto, F. H. K., & Sundari, M. T. (2020). Preferensi konsumen terhadap kopi temanggung di coffee shop kota Surakarta. Agrista, 8(1), 37–47. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/51064.

Fuliyana, F., & Maria, M. (2022). Preferensi konsumen terhadap produk olahan ikan (Studi pada industri rumah tangga Paguyuban Rawa Pesona). Agrikultura, 33(2), 161-169. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v33i2.39210 https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/kopi/item186?

Nur Fajari, S., & Mirzanti, I. R. (2022). Capturing Consumer Preferences to Develop the New Product Development of Ordinary Kids Through The Co-Creation Process. European Journal of Business and Management Research, 7(6), 43–50. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.6.1665

Ramadhani, F., Barokah, U., & Sutrisno, J. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap pembelian teh di kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.32585/ags.v4i1.838

Ria Despita Maharani, M., Aryawan, F., Sukron Abidar, M., Dwi Yulianto, K., Gendis Purborini, A., Zainuddin, A., & Izmaul Haqqi, M. (2023). Preferensi Konsumen dalam Memilih Tiga Produk Kopi (Kapal Api, Fresco, dan Kahyangan): Sebuah Pendekatan Grid Analysis. Jurnal Agrosains Universitas Panca Bhakti, 16(2), 32–39. https://doi.org/10.54035/agrosains.v16i2.392

Dini Yani, Dexi Triadinda, Indriyani Indriyani, Muhsin Efendi, & Muhammad Sawir. (2022). Strategi Membangun Branding Brand Image Melalui Digital Marketing Pada Kopi Sanggabuana Karawang Di Era 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 94–105. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.175

Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). kajian pembandingan preferensi konsumen pada dua kedai kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46. https://doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.637

Sitanggang, J. ., Iswandi, M. ., Musfitria, A. ., & Bakti, R. . (2023). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kopi Dengan Metode Kansei Engineering Dan Conjoint Analysis: Studi Kasus Kopi Nu Sae Bogor. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 553–560. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20143

Suwadi, Harviah Ayu, Bode Lumanauw, and Reitty L. Samadi. "Pengaruh Product Variety dan Cita Rasa terhadap Preferensi Konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 12.03 (2024):669-679. https://jurnal.polbangtanmanokwari.ac.id/index.php/prosiding/article/view/629

Coffeland Indonesia. 2022. Mengenal Cita Rasa Kopi (Coffee Cupping), diakses dari https://coffeeland.co.id/mengenal-cita-rasa-kopi-coffee-cupping

Sriayudha, Y, dan AT Nifita. (2018). Analysis of preferences and consumer behavior of Batik Jambi. Journal of Business Studies and Management Review. 2(1): 28–34.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utama, A. P., Sumarwan, U., Suroso, A. I., & Najib, M. (2021). Influences of product attributes and lifestyles on consumer behavior: A case study of coffee consumption in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 939-950. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0939

Weni I.D.A Tapaningsih dan Yuli Dwi Lestari. (2021). Preferensi Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) ISSN: 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e) Volume 5, Nomor 1 (2021): 053-061 https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.05

Downloads

Published

2025-08-16