PREFERENSI KONSUMEN CITARASA KOPI KAPAL API DAN KOPI SANGGABUANA
DOI:
https://doi.org/10.31539/1gzq1481Keywords:
Preferensi Konsumen, Citarasa, Kopi Kapal Api, Kopi SanggabuanaAbstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui preferensi konsumen terhadap kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana serta mengetahui perbandingan preferensi konsumen terhadap kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian komparatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang merupakan karyawan di PT Suryacipta Swadaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan untuk melakukan analisis perbandingan dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai citarasa aroma khas untuk kopi Sanggabuana, sedangkan untuk kopi Kapal Api yang paling disukai adalah citarasa keharuman saat diseduh. Perbandingan preferensi konsumen terhadap citarasa kopi Kapal Api dan kopi Sanggabuana tidak berbeda secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini bagi produsen kopi Sanggabuana adalah meningkatkan kegiatan pemasaran.
References
Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran pariwisata: Pendekatan perilaku wisatawan. Malang: Media Nusa Creative.
Enggartyasto, F. H. K., & Sundari, M. T. (2020). Preferensi konsumen terhadap kopi temanggung di coffee shop kota Surakarta. Agrista, 8(1), 37–47. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/51064.
Fuliyana, F., & Maria, M. (2022). Preferensi konsumen terhadap produk olahan ikan (Studi pada industri rumah tangga Paguyuban Rawa Pesona). Agrikultura, 33(2), 161-169. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v33i2.39210 https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/kopi/item186?
Nur Fajari, S., & Mirzanti, I. R. (2022). Capturing Consumer Preferences to Develop the New Product Development of Ordinary Kids Through The Co-Creation Process. European Journal of Business and Management Research, 7(6), 43–50. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.6.1665
Ramadhani, F., Barokah, U., & Sutrisno, J. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap pembelian teh di kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.32585/ags.v4i1.838
Ria Despita Maharani, M., Aryawan, F., Sukron Abidar, M., Dwi Yulianto, K., Gendis Purborini, A., Zainuddin, A., & Izmaul Haqqi, M. (2023). Preferensi Konsumen dalam Memilih Tiga Produk Kopi (Kapal Api, Fresco, dan Kahyangan): Sebuah Pendekatan Grid Analysis. Jurnal Agrosains Universitas Panca Bhakti, 16(2), 32–39. https://doi.org/10.54035/agrosains.v16i2.392
Dini Yani, Dexi Triadinda, Indriyani Indriyani, Muhsin Efendi, & Muhammad Sawir. (2022). Strategi Membangun Branding Brand Image Melalui Digital Marketing Pada Kopi Sanggabuana Karawang Di Era 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 94–105. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.175
Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). kajian pembandingan preferensi konsumen pada dua kedai kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46. https://doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.637
Sitanggang, J. ., Iswandi, M. ., Musfitria, A. ., & Bakti, R. . (2023). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kopi Dengan Metode Kansei Engineering Dan Conjoint Analysis: Studi Kasus Kopi Nu Sae Bogor. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 553–560. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20143
Suwadi, Harviah Ayu, Bode Lumanauw, and Reitty L. Samadi. "Pengaruh Product Variety dan Cita Rasa terhadap Preferensi Konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 12.03 (2024):669-679. https://jurnal.polbangtanmanokwari.ac.id/index.php/prosiding/article/view/629
Coffeland Indonesia. 2022. Mengenal Cita Rasa Kopi (Coffee Cupping), diakses dari https://coffeeland.co.id/mengenal-cita-rasa-kopi-coffee-cupping
Sriayudha, Y, dan AT Nifita. (2018). Analysis of preferences and consumer behavior of Batik Jambi. Journal of Business Studies and Management Review. 2(1): 28–34.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utama, A. P., Sumarwan, U., Suroso, A. I., & Najib, M. (2021). Influences of product attributes and lifestyles on consumer behavior: A case study of coffee consumption in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5), 939-950. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0939
Weni I.D.A Tapaningsih dan Yuli Dwi Lestari. (2021). Preferensi Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) ISSN: 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e) Volume 5, Nomor 1 (2021): 053-061 https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.05
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dadan Hamdani, Netty Nurlenawati, Flora Patricia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.