Pengembangan Ensiklopedia Topik Jenis Warisan Budaya Indonesia untuk Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31539/vtg5tw79Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Ensiklopedia Jenis Warisan Budaya Indonesia pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Purwara V Kelumpang Jaya yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis Reseach and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Purwara V Kelumpang Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi Ensiklopedia Jenis Warisan Budaya Indonesia berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai V sebesar 0,87, ahli bahasa diperoleh nilai V sebesar 0,94, dan ahli materi diperoleh nilai V sebesar 0,97 sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 91,69% dengan klasifikasi sangat praktis. Pada uji lapangan diperoleh nilai N-Gain (g) sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa pengembangan Ensiklopedia Jenis Warisan Budaya Indonesia terbukti valid, praktis, dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Purwara V Kelumpang Jaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Ensiklopedia, IPS, Sekolah Dasar.
References
Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses Pembelajaran pada Sekolah Dasar. Nusantara, 2(1), 158-163.https;//www.doi.org/10.36088/nusantara.v2i1.685.
Dwitiyanti, N., Siti AyuKumala, S., A., Widiyatun, F. (2020). U$sing the$ ADDIE$ Mode$l in The$ De$ve$lopme$nt of Physics U$nit Conve$sion Application Base$d on Android Application Is Le$arning Me$dia Formatif. Ju$rnal Ilmiah Pe$ndidikan MIPA, 10 (2), 125-132 http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5933
Hayuningtyas, T. A., Yulianti, Y., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Berbasis Pendidikan Karakter Religius untuk Kelas IV di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 4(1). 217-222. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/475
Hermanto, Sudaryanto, Febriana, C. (2020). Pe$nge$mbangan Bu$ku$ Be$rbasis E$nsiklope$dia untu$k Mata Ku$liah Bu$daya Indone$sia Program Darmasiswa. Ju$rnal Pe$ndidikan Bahasa Dan Sartra Indone$sia, hal 20-28. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/download/5878/4099
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter di Era Disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21-30. https://core.ac.uk/download/pdf/544174435.pdf.
Le$stari, F., E$gok, S, A., Fe$briandi, R. (2020). Pe$nge$mbangan Bahan Ajar Mate$matika Be$rbasis Proble$m Base$d Le$arning pada Siwa Ke$las V SD. Ju$rnal Wahana Didaktika, 18 (3), 225-269. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4395
Lusyana, L., & Rachmadyanti, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ENMISITARA (Ensiklopedia, Ekonomi, Sejarah, Budaya dan Kekayaan Alam Blitar) Sebagai Sumber Belajar IPS SD Kelas IV SD Negeri Sidorejo 06 Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(6). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/61203/46948
Marianda, A, D., E$rwandi, R., Mandasari, N. (2023). Pe$nge$mbangan Me$dia Pe$mbe$lajaran E$nsiklope$ia pada Mata Pe$lajaran IPA Ke$las 5 SDN Kota Lu$bu$klinggau$. Ju$rnal Of E$du$cation and Insrtu$ction, 6 (2), 478-488. https://www.doi.org/ 10.31539/joeai.v6i2.5934
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.805
Fatih, M., Alfi, C., Santoso, E., & Novianti, R. D. (2022). Pengembangan Ensiklopedi Pembelajaran PKn Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(1), 112-120. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.467
Pu$rnama, M., & Rahmatina. (2021). Pe$nge$mbangan Me$dia Pe$mbe$lajaran pada Te$ma Dae$rah Te$mpat Tinggalku$ Su$bte$ma Ke$u$nikan Dae$rah Te$mpat Tinggalku$ di Ke$las IV SD. Ju$rnal Of Basic E$du$cation Stu$die$s, 4 (1), 2359-2379. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3756
Putri, T. D., Haq, Z., & Gusmaneli, G. (2025). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(2), 115-125. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i2.1540
Ramadhanti, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Digital pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Keberagaman Budaya Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta). http://repository.unj.ac.id/19010/1/COVER.pdf Memberikan hasil
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Dunia Pendidikan (Studi literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432
Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M. N., & Setiawan, D. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 32-37. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.3392
Vale$n, A., & E$gok, A, S. (2020). Pe$ningkatan Hasil Be$lajar IPS Me$lalu$i Stu$de$nt Te$ams Achie$vme$nt Division Siswa Ke$las IV SD Ne$ge$ri 82 Be$ngku$lu$. Ju$rnal Pe$ndidikan Gu$ru$ Se$kolah Dasar, 4 (2), 181-189. https://www.doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2593
Wijayanto, M., & Fau$zia, H, N. (2023). Pe$nge$mbangan Me$dia Pe$mbe$lajaran Bu$le$tin Te$rinte$grasi Mate$ri Pe$lajaran IPA. Ju$rnal Ilmiah Al Thifl, 3 (1), 278-291. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.1589
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Mut Thoharoh, Andri Valen, Yuni i Krisnawat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.