Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Example Non-Example pada Mata Pelajaran PPKN

  • Yuhasnil Yuhasnil STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Nahdatul Hazmi STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Gina Putri Rendi STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model example non-example. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 65,65% dan pada siklus II sebesar 74,72%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 74,72 dan meningkat menjadi 80,69 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran PPkn dengan menggunakan model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Example Non-Example

 

Author Biographies

Nahdatul Hazmi, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

 

 
Gina Putri Rendi, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

 

 

References

Andtiyanti, L. (2016). Implementasi Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas 3 SDN Sidoklumplu. http://eprints.umsida.ac.id/3078/1/159%20-%20Lujeng%20Andriyanti%20Fixx.pdf

Apriani, A. & Indrianto, D. (2010). Implementasi Model pembelajaran Example Non-Example. FKPI PGMI. IKIP PGRI Sumedang. Sumedang

Azra, A. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat MAdani. Tim ICCE UIN. Prenada Media. Jakarta

Ciptawati, L. P. E., Sugiarta, I. M., Suarsana, I. M (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non-Example terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa VII SMP N 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. 7(1). 13-21. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2809

Daryono, M. (2011). Pengantar Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Rineka Cipta. Jakarta

Dimyati, D., Mudjiono, M. (2009) Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Hamdani, H. (2011). Kelebihan dan Kurangan Metode Example Non-Example. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Iru, I. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Model Example Non-Example. Sinar Grafika. Jakarta

Kurniasih, K. & Sani, S. (2015). Pengertian Example Non-Example. Kata Pena. Yogyakarta

Kusuma, K. (2008). Example non-example. FE Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Pamudita, A. (2015). Penerapan Metode Example Non-Examples untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIIIC pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 14 KERINCI. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/5191/4388

Pribadi, P., & Benny, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT. Dian. Jakarta

Robert, R., Maftuh, B., Darmawan, C. (2015). Effectiveness Civic Education Learning Based on Contextual Problem In Improving Students’ Civic Skill In Conflict Resolution. Jurnal CIVICUS. 15(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/civicus/article/view/2071

Rohanah, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 14(2). 77-81 https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6614

Sardiman, S. (2005). Aktivitas Belajar. Rajawali Press. Jakarta

Sari, N., Sumarno, S., Trisnawati, F. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPS Teladan Sekeladi Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. 1-13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/11128/10779

Shoimin, S. (2014). Langkah-langkah Model pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Soemantri, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Suprijono, S. (2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Ulfa, F. (2019). Pengaruh Model Examples Non-Examples pada Pembelajaran PKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III. 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/33380/75676581494

Yusuf, H. (2019). Pokoknya Administrasi Pendidikan. Cahaya Abadi. Tulungagung
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 18 times