Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Example Non-Example pada Mata Pelajaran PPKN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model example non-example. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 65,65% dan pada siklus II sebesar 74,72%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 74,72 dan meningkat menjadi 80,69 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran PPkn dengan menggunakan model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Example Non-Example
References
Apriani, A. & Indrianto, D. (2010). Implementasi Model pembelajaran Example Non-Example. FKPI PGMI. IKIP PGRI Sumedang. Sumedang
Azra, A. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat MAdani. Tim ICCE UIN. Prenada Media. Jakarta
Ciptawati, L. P. E., Sugiarta, I. M., Suarsana, I. M (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non-Example terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa VII SMP N 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. 7(1). 13-21. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2809
Daryono, M. (2011). Pengantar Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati, D., Mudjiono, M. (2009) Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Hamdani, H. (2011). Kelebihan dan Kurangan Metode Example Non-Example. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Iru, I. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Model Example Non-Example. Sinar Grafika. Jakarta
Kurniasih, K. & Sani, S. (2015). Pengertian Example Non-Example. Kata Pena. Yogyakarta
Kusuma, K. (2008). Example non-example. FE Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta
Pamudita, A. (2015). Penerapan Metode Example Non-Examples untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIIIC pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 14 KERINCI. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/5191/4388
Pribadi, P., & Benny, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT. Dian. Jakarta
Robert, R., Maftuh, B., Darmawan, C. (2015). Effectiveness Civic Education Learning Based on Contextual Problem In Improving Students’ Civic Skill In Conflict Resolution. Jurnal CIVICUS. 15(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/civicus/article/view/2071
Rohanah, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 14(2). 77-81 https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6614
Sardiman, S. (2005). Aktivitas Belajar. Rajawali Press. Jakarta
Sari, N., Sumarno, S., Trisnawati, F. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPS Teladan Sekeladi Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. 1-13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/11128/10779
Shoimin, S. (2014). Langkah-langkah Model pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Soemantri, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Suprijono, S. (2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Ulfa, F. (2019). Pengaruh Model Examples Non-Examples pada Pembelajaran PKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III. 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/33380/75676581494
Yusuf, H. (2019). Pokoknya Administrasi Pendidikan. Cahaya Abadi. Tulungagung
Copyright (c) 2023 Yuhasnil Yuhasnil, Nahdatul Hazmi, Gina Putri Rendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.