Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar dan Media yang Digunakan Guru IPS pada Kelas VII SMP

Authors

  • Nahdatul Hazmi STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Yuhasnil Yuhasnil STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Atika Ramadani STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.31539/ijoce.v3i2.6828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode dan media yang digunakan guru mata pelajaran IPS dan persepsi siswa tentang penggunaan metode dan media yang digunakan guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Kabupaten Payakumbuh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara serta mempelajari berbagai dokumen yang dibutuhkan. Data dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan setelah dilakukan triangulasi untuk memastikan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menganggap pembelajaran IPS membosankan karena guru kurang kreatif dan bervariasi dalam penggunaan metode seperti seringnya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada saat pembelajaran IPS ada siswa yang berbicara ketika guru menjelaskan, dan pada saat guru memberikan tugas siswa ada yang tidak mengerjakan dan hanya ada salinan jawaban temannya. Simpulan penelitian bahwa  gambaran mengajar guru dan media yang digunakan sudah cukup baik namun masih kurang bervariasi. Sedangkan persepsi siswa terhadap metode mengajar dan media yang digunakan masih membosankan.

 

Kata Kunci: Media, Metode, Persepsi


 

Author Biographies

  • Yuhasnil Yuhasnil, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

     

     
  • Atika Ramadani, STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

     

     

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Firdaus, M. B. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Kelas X Akuntansi SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. http://eprints.uny.ac.id/15926/1/Skripsi%20Full.pdf

Gagne, R. M. (1984). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Terjemahan Munandir (2000). Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. Jakarta

Hamzah, H. (2011). Assesment Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Munandir, M. (2000). Ensiklopedia Pendidikan. Cetakan I. UM Press. Malang

Oktaviamas, Y. (2016). Perbedaan Hasil belajar Siswa Antara Metode Ceramah dengan Metode Tanya Jawab Kelas VII di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Payakumbuh. ST-KIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.

Sudjana, S. (2000). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Roda Karya. Bandung

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. R & D. Alfabeta. Bandung

Sumiati, S., & Asra, A. (2008). Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bandung

Uswatun, N. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/17785/1/SKRIPSI%20NENI%20USWATUN%20KHASANAH.pdf

Downloads

Published

2023-12-30