Kombinasi Perhatian Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar IPS di SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya kombinasi perhatian orang tua, lingkungan sekolah dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kombinasi positif antara perhatian orang tua (X1), lingkungan sekolah (X2) dan kemandirian belajar (X3) secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS (Y), persamaan regresi ganda Ŷ = 40,414 + 0,128 X1 + -0,184X₂ + 0,406 X3. Koefisien korelasi parsial koefisien korelasi ganda Ry.123 = 0,278 dan koefisien determinasi ganda (Ry.123)2 = 0,077 atau 7,7% signifikan pada α = 0,05. Simpulan penelitian ini dapat diambil makna, terdapat kombinasi positif antara perhatian orang tua, lingkungan sekolah, dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti sebesar (Ry.123)2 = 0,077 atau 7,7% signifikan pada α = 0,05.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar IPS, Perhatian Orang Tua,
References
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Ghani, A. R. A. (2008). Pengaruh Tes Formatif dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 12(2). 162-176. https://doi.org/10.21831/pep.v12i2.1425
Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung
Gunawan, R. (2014). Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Alfabeta. Bandung
Haji, S., Samsudin, A. (2015). Landasan Kependidikan (Teori dan Praktik). Refika Aditama. Bandung
Hanudin, H. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Tesis Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Wakapendik. 2
Huriah, R. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Alfabeta. Bandung
Kadir, K. (2015). Statistika Terapan : Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam penelitian. Rajawali Pers. Jakarta
Krismiati, K., Ismanto, A. Y., Bataha, Y. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Anak dengan Anak Putus Sekolah Usia Remaja di Kecamatan Belanag Kabupaten Minahasa Tenggara. Manado: e-Journal Keperawatan (e-Kp) 5 (1), https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14689
Ngalim, P. (2013). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Nuryadi, N., Astuti, T. W., Utami, E. S., Butiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media. Yogyakarta
Palangda, L. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik di SMKN 4 Makasar. Tesis Program Pascasarjana: Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/4454/1/TESIS%20LISTRIYANTI%20PALANGDA..pdf
Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta. Jakarta
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenada media Group. Jakarta
Sudikno, I. (1). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Economic Education Analysis Journal, 3(1). 46-51 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4131
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suharsimi, A. (2011). Prosedur Penelitian. Rineka Putra. Jakarta