Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mempelajari tentang penggunaan Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka di sekolah pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data meliputi mengamati, berbicara, dan mencatat segala sesuatu yang terjadi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru IPS kelas VII SMP (Kelas VII.2 dan kelas VII.VII). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Penilaian Formatif Kurikulum Mandiri belum berhasil karena beberapa komponen tidak digunakan oleh guru. Komponen-komponen ini meliputi: penggunaan praktik teknik penilaian kinerja, produk, proyek, dan portofolio; dokumentasi hasil; penggunaan instrumen; dan penggunaan hasil belajar; jurnal refleksi; dan rubrik; catatan anekdot; dan daftar periksa. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Assessment Formatif Kurikulum Mandiri belum terlaksana dengan baik dan penerapan bentuk teknik assessment masih memiliki banyak kekurangan.
Kata Kunci: Formatif dan Sumatif, Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka,
Mata Pelajaran IPS
References
Azizah, V., Harisnawati, H., & Rahayu, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1673–1682. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3671
Cahyadhi, B. B. N., Puspitasari, N. Z., Britania, D. A., & Wahyudi, K. E. (2021). Efektivitas Program Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(5), VII31–VII42. https://doi.org/10.36418/jist.v2i5.153
Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS Semester V STKIP Al-Maksum Langkat. JBS: Jurnal Berbasis Sosial STKIP Al Maksum Langkat. 3(1), 38–44. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs/article/view/2VII5
Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901
Handayani, F. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di Mi Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat pada Tahun Pelajaran 201VII/2018. IAIN Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/4104/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 1VII. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.19VIIVII
Jojor, A., Sihotang, H., & Indonesia, U. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Prastya, E. (2022). Efektivitas Program Kelas Merdeka Komunitas Save Street Child terhadap Perkembangan Proses Interaksi Anak Jalanan. Dialektika: Pendidikan IPS, 2(2), 229-243. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48908
Prijowuntato, P. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press. Yogyakarta
Pujiyanto, Y. (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran IPS Secara Daring Menggunakan Model Homeschooling. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 2VII–39. https://doi.org/10.518VII4/jips.v2i1.12
Rudihastuti. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 2(12). 1-10. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/1054
Safira, A. N., Rakhmaati, A., Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 22(2). 123-136. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Copyright (c) 2023 Lindya Natalya, Desy Eka Citra, Kosi'in Kosi'in
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.