Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP

  • Lindya Natalya universitas islam negeri fatmawati sukarno
  • Desy Eka Citra Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu
  • Kosi'in Kosi'in Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mempelajari tentang penggunaan Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka di sekolah pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data meliputi mengamati, berbicara, dan mencatat segala sesuatu yang terjadi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru IPS kelas VII SMP  (Kelas VII.2 dan kelas VII.VII). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Penilaian Formatif Kurikulum Mandiri belum berhasil karena beberapa komponen tidak digunakan oleh guru. Komponen-komponen ini meliputi: penggunaan praktik teknik penilaian kinerja, produk, proyek, dan portofolio; dokumentasi hasil; penggunaan instrumen; dan penggunaan hasil belajar; jurnal refleksi; dan rubrik; catatan anekdot; dan daftar periksa. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Assessment Formatif Kurikulum Mandiri belum terlaksana dengan baik dan penerapan bentuk teknik assessment masih memiliki banyak kekurangan.

 

Kata Kunci: Formatif dan Sumatif, Implementasi Assessment Kurikulum Merdeka,

          Mata Pelajaran IPS

   

Author Biographies

Lindya Natalya, universitas islam negeri fatmawati sukarno

 

 
Desy Eka Citra, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu

 

 
Kosi'in Kosi'in, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu

 

 

References

Anam, M., Utami, W., Khotimah, K., & Marzuqi, M. (2023). Persepsi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 20-35. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56021

Azizah, V., Harisnawati, H., & Rahayu, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1673–1682. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3671

Cahyadhi, B. B. N., Puspitasari, N. Z., Britania, D. A., & Wahyudi, K. E. (2021). Efektivitas Program Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(5), VII31–VII42. https://doi.org/10.36418/jist.v2i5.153

Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS Semester V STKIP Al-Maksum Langkat. JBS: Jurnal Berbasis Sosial STKIP Al Maksum Langkat. 3(1), 38–44. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs/article/view/2VII5

Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901

Handayani, F. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di Mi Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat pada Tahun Pelajaran 201VII/2018. IAIN Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/4104/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 1VII. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.19VIIVII

Jojor, A., Sihotang, H., & Indonesia, U. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Prastya, E. (2022). Efektivitas Program Kelas Merdeka Komunitas Save Street Child terhadap Perkembangan Proses Interaksi Anak Jalanan. Dialektika: Pendidikan IPS, 2(2), 229-243. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48908

Prijowuntato, P. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press. Yogyakarta

Pujiyanto, Y. (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran IPS Secara Daring Menggunakan Model Homeschooling. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 2VII–39. https://doi.org/10.518VII4/jips.v2i1.12

Rudihastuti. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 2(12). 1-10. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/1054

Safira, A. N., Rakhmaati, A., Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 22(2). 123-136. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 7 times