Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan

  • Anita Candra Dewi universitas negeri makassar
  • Bayin Ramadhan Universitas Negeri Makassar
  • A. Ahmad Fadhil Universitas Negeri Makassar
  • Firqah Fadhil Universitas Negeri Makassar
  • Andi Mufidah Idris Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Raifadhil Hidayat Universitas Negeri Makassar
  • M. Aqila Dzakwan Yusrin Universitas Negeri Makassar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan moral dan etika mengukir karakter unggul dalam pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya pendidikan moral dan etika dalam pendidikan kontemporer ditunjukkan oleh faktor-faktor seperti mengajarkan prinsip-prinsip moral, mengembangkan sikap yang adil dan jujur, dan memfasilitasi pemikiran etis di antara siswa. Pendidik dan lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam proses ini dengan membantu siswa menavigasi situasi yang menantang secara moral. Tujuan pendidikan moral dan etika adalah untuk membantu siswa mencapai potensi mereka dalam semua aspek kehidupan, termasuk aspek intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Simpulan penelitian ini bahwa pendidikan moral dan etika sangat penting untuk mengembangkan karakter yang baik pada siswa untuk membantu siswa menangani situasi moral yang kompleks dan membuat keputusan yang baik ke dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral dan Etika.

 

Author Biographies

Anita Candra Dewi, universitas negeri makassar

 

 
Bayin Ramadhan, Universitas Negeri Makassar

 

   
A. Ahmad Fadhil, Universitas Negeri Makassar

 

 
Firqah Fadhil, Universitas Negeri Makassar

 

 
Andi Mufidah Idris, Universitas Negeri Makassar

 

 
Muh. Raifadhil Hidayat, Universitas Negeri Makassar

 

 
M. Aqila Dzakwan Yusrin, Universitas Negeri Makassar

 

 

References

Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13–19. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.3

Efendi, J. (2021). Pembentuka Karakter Anak Sejak Usia Dini di PAUD. Diakses dari: http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039

Eka, E. (25, Mei 2023). Pendidikan Karakter: Membangun Fondasi Moral dan Etika untuk Masyarakat yang Lebih Baik. GuruInovatif.id. Diakses dari: https://guruinovatif.id/artikel/pendidikan-karakter-membangun-fondasi-moral-dan-etika-untuk-masyarakat-yang-lebih-baik

Ar Rasyid, H. J., Ar Rahman, H. J., Azzam, A. F., Sabila, B. F., & Radianto, D. O. (2023). Menjelajahi Etika: Tinjauan Literatur Terbaru tentang Prinsip-prinsip Etika, Konflik Moral, dan Tantangan dalam Kehidupan Kontemporer. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 229–237. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/1183

Kasingku, J., Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Moralitas Remaja di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2). 6096- 6110 https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10220

Linda, G. K. R. (2020). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. 3(3). 2222- 2226 https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/57112/33729

Mahcmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal A;-Ta'dib. 7(2). 75-84. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/318/308

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Ratnawati, R. (2018). Peran Guru sebagai Modal dalam Pemebukan Karakter Peserta Didik. PRosiding SEminar NAsional Pendidikan. “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum" STKIP Andi Matappa Pangkep, 05 Mei 2018. diakses dari: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/SemNas/article/download/142/60

Saefudin, S. (n.d). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. https://bkpsdm.purwakartakab.go.id/assets/uploads/berita/Peran_Guru_Dalam_Membentuk_Karakter_SISWA2_saepudin_WI.pdf

Samani, M., Hariyanto, H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rodakarya. Bandung

Saraswati, A., Meilana, S. F. Utami, S. (2022). Tantangan Pendidikan di Era Digital 5.0. Yayasan Wiyata Bestari Semasta. Ccirebon

Siregar, M. S. Usman, N., Niswanto, N. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JPDWS: Jurnal Pendidikan West Science. 1(11). 701-712. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter terhFadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7–12. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4

Wulandari, A., Fauzi, A. (2021). Urgensi Pendidikan Moral Dan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia. 6(1). 75-85. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/download/1393/1057/
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 65 times
PDF downloaded = 60 times