Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan moral dan etika mengukir karakter unggul dalam pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya pendidikan moral dan etika dalam pendidikan kontemporer ditunjukkan oleh faktor-faktor seperti mengajarkan prinsip-prinsip moral, mengembangkan sikap yang adil dan jujur, dan memfasilitasi pemikiran etis di antara siswa. Pendidik dan lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam proses ini dengan membantu siswa menavigasi situasi yang menantang secara moral. Tujuan pendidikan moral dan etika adalah untuk membantu siswa mencapai potensi mereka dalam semua aspek kehidupan, termasuk aspek intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Simpulan penelitian ini bahwa pendidikan moral dan etika sangat penting untuk mengembangkan karakter yang baik pada siswa untuk membantu siswa menangani situasi moral yang kompleks dan membuat keputusan yang baik ke dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral dan Etika.
References
Efendi, J. (2021). Pembentuka Karakter Anak Sejak Usia Dini di PAUD. Diakses dari: http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039
Eka, E. (25, Mei 2023). Pendidikan Karakter: Membangun Fondasi Moral dan Etika untuk Masyarakat yang Lebih Baik. GuruInovatif.id. Diakses dari: https://guruinovatif.id/artikel/pendidikan-karakter-membangun-fondasi-moral-dan-etika-untuk-masyarakat-yang-lebih-baik
Ar Rasyid, H. J., Ar Rahman, H. J., Azzam, A. F., Sabila, B. F., & Radianto, D. O. (2023). Menjelajahi Etika: Tinjauan Literatur Terbaru tentang Prinsip-prinsip Etika, Konflik Moral, dan Tantangan dalam Kehidupan Kontemporer. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 229–237. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/1183
Kasingku, J., Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Moralitas Remaja di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2). 6096- 6110 https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10220
Linda, G. K. R. (2020). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. 3(3). 2222- 2226 https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/57112/33729
Mahcmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal A;-Ta'dib. 7(2). 75-84. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/318/308
Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Ratnawati, R. (2018). Peran Guru sebagai Modal dalam Pemebukan Karakter Peserta Didik. PRosiding SEminar NAsional Pendidikan. “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum" STKIP Andi Matappa Pangkep, 05 Mei 2018. diakses dari: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/SemNas/article/download/142/60
Saefudin, S. (n.d). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. https://bkpsdm.purwakartakab.go.id/assets/uploads/berita/Peran_Guru_Dalam_Membentuk_Karakter_SISWA2_saepudin_WI.pdf
Samani, M., Hariyanto, H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rodakarya. Bandung
Saraswati, A., Meilana, S. F. Utami, S. (2022). Tantangan Pendidikan di Era Digital 5.0. Yayasan Wiyata Bestari Semasta. Ccirebon
Siregar, M. S. Usman, N., Niswanto, N. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JPDWS: Jurnal Pendidikan West Science. 1(11). 701-712. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762
Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter terhFadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7–12. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4
Wulandari, A., Fauzi, A. (2021). Urgensi Pendidikan Moral Dan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia. 6(1). 75-85. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/download/1393/1057/
Copyright (c) 2023 Anita Candra Dewi, Bayin Ramadhan, A. Ahmad Fadhil, Firqah Fadhil, Andi Mufidah Idris, Muh. Raifadhil Hidayat, M. Aqila Dzakwan Yusrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.