Usulan Strategi Pemasaran Aneka Olahan Mente Pada UD Bokrie Dengan Metode SWOT dan QSPM

  • Maulan Najib Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Akhmad Wasiur Rizqi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Jufriyanto Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

UlD Bokrie melrulpakan salah satul indulstri rumahan yang belrgelrak dibidang makanan. Namuln delmikian dizaman selkarang banyak selkali belrmulncullan ulsaha makanan belrlombah lombah delngan kellelbihan, krelativitas, inovasi dan promosi yang melmbulat makanan telrselbult selmakin diminati dan dikelnal olelh konsulmeln, selhingga haruls mellakulkan inovasi dan pelngelmbangan yang belrkaitan delngan stratelgi pelmasaran yang belrsifat stratelgis dalam rangka melmelnangkan pelrsaingan tak telrkelculali selpelrti halnya pada UD Bokrie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proposisi strategi pelmasaran anelka olahan melntel di UlD Bokrie delngan melnggulnakan meltodel analisa SWOT dan QSPM. Adapun dari permasalahan pada penelitian ini adalah jumlah penjualan produksi julmlah pelnjulalan produlksi dalam elnam bullan telrakhir melngalami pasang sulrult dikarelnakan pelrmintaan tidak pasti. Temuan ini menunjukkan bahwa UD Bokrie dalam kondisi tumbuh dan  berkembang baik, karena skor IFE adalah 3,014 , dan skor EFE adalah 2,956. Sedangkan nilai tertinggi matriks QSPM adalah 8,549 yaitu pada ST 3 (mengikuti pameran UKM di Kab Gresik maupun kota besar).

References

Akbar, M. J., Qurtubi, Q.,n & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan strategi pemasaran menggunakan metode swot dan qspm untuk meningkatkan penjualan beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 61-67.
Ardiansyah, I., & Silmi, N. F. (2022). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Kuliner di Kota Tangerang Dengan Matriks Swot dan Analisis QSPM (Studi Kasus Kawasan Laksa Tangerang). Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 141-160.
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran.
Caroline, C., & Lahindah, L. (2018). Analisa dan usulan strategi pemasaran dengan metode Qspm (Studi Kasus pada Umkm di Bandung: Pakan ikan Waringin Bandung). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(2), 86-102.
Evelin, O., Prima, F., & Sujana, I. (2021). Strategi Pemasaran Madu Kelulut Dalam Rangka Mendukung Produk Unggulan Khas Kalimantan Barat Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 5(1).
Hardianti, L. (2018). Metode QSPM. Retrieved Juni 10, 2018, from https://www.scribd.com: https://www.scribd.com/doc/58654777/METODE-QSPM
HM, G. B. (2022). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Potensi Daerah Melalui Keunggulan Bersaing Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima (JURITI PRIMA), 6(1).
Kho, B. (2018, Juni 18). Ilmu Manajemen Industri. Retrieved Agustus 20, 2018, from Pengertian dan Contoh Analisis SWOT. https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-contoh-analisis-swot/
Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)(Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 66–76. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/art icle/view/240
Mujiastuti, R., Latifah, R., & Hendra, H. (2019). Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis Teknologi. Jurnal ilmiah fifo, 11(1), 52-64.
Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam membuat keputusan dan mengambil kebijakan yang tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33-44.
Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim. id). Jurnal Manajemen Bisis Dan Kewirausahan, 7(1), 224-234.
Qanita, A. (2020). Analisis strategi dengan metode swot dan qspm (quantitative strategic planning matrix): studi kasus pada d’gruz caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11-24.
Rachmad, Y. E., Sudiarti, S., Fajariana, D. E., Kisworo, Y., Suryawan, R. F., Tanadi, H., & Kutoyo, M. S. (2022). Manajemen pemasaran.
Sabita, D., Djanggu, N. H., & Budiman, R. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Coffee Shop Dengan Metode QSPM (Studi Kasus: Coffee Shop ‘Rasio Coffee’). Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura, 5(1).
Sulasih, S. (2019). Implementasi Matrik Efe, Matrik Ife, Matrik Swot Dan Qspm Untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas. Jurnal E-Bis, 3(1), 27-40.
Published
2024-05-29
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 8 times