Analisa Sentimen Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Naïve Bayes Dengan Topik Artificial Intelligence Pada Media Sosial Twitter (X)
Abstract
Artificial intelligence (AI) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan manusia merupakan hal yang cukup ramai diperbincangkan dalam masyarakat saat ini dengan dampak yang positif yang signifikan dapat membantu meringankan pekerjaaan manusia. Namun disisi lain artificial intelligence juga memberikan dampak yang negatif yaitu dapat dapat mengambil alih pekerjaan manusia dan berpotensi menimbulkan kekacauan ekosistem informasi akibat dari propaganda yang berisi berita bohong dan disinformasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap dampak perkembangan artificial intelligence apakah positif atau negatif serta mencari nilai akurasi dari kinerja metode yang digunakan. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pemerintah untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai langkah yang dapat diambil dalam menghadapi dampak perkembangan artificial intelligence berdasarkan sudut pandang pada masyarakat luas. Algoritma yang digunakan adalah C4.5 dan Naïve bayes. Dari kedua metode ini digunakan sebagai hasil akhir akurasi dari penelitian ini dan menjadikan perbandingan nya antara satu sama lain.
References
[2] N. N. Arief and M. A. A. Saputra, “KOMPETENSI BARU P UBLIC RELATIONS (PR) PADA ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE,” vol. 02, no. 01, pp. 1–12, 2019.
[3] S. Rheinata, R. Putri, M. M. Chusni, J. Jurnal, and P. Sains, “Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam,” vol. 2, pp. 192–198.
[4] M.Yahya, “Implementasi Artificial Intelligence ( AI ) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4 . 0,” pp. 190–199.
[5] R. Pakpahan, P. Studi, S. Informasi, F. T. Informasi, U. Bina, and S.Informatika, “ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI ARTIFICIAL,”vol. 5, no. 2, pp. 506–513, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.616.
[6] O. Naive, B. Berbasis, P. S. O. Untuk, A. Sentimen, P. Artificial, and I. Di,“INTI NUSA MANDIRI,” vol. 18, no. 1, pp. 65–70, 2023.
[7] S. L. Rachmadana, S. Aminudin, and A. Putra, “Dampak Artificial Intelligence Terhadap Perkonomian,” vol. 2, no. 2, pp. 71–82, 2022.
[8] I. Oktavia and A. R. Isnain, “Analisis Sentimen Opini Terhadap Tools Artificial Intelligence ( AI ) Berdasarkan Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 8, no. April, pp. 777–787, 2024, doi: 10.30865/mib.v8i2.7524.
[9] A. Witanti, “ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP VAKSINASI COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE ( SVM ),” vol. 5, no. 1, pp. 59–67, 2022.
[10] B. A. Maulana and M. J. Fahmi, “Sentiment Analysis of Pluang Applications With Naive Bayes and Support Vector Machine ( SVM ) Algorithm Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Pluang Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM),”vol.4,no.april,pp.375-384,2024.
Copyright (c) 2024 Aji Dwi Prasetyo, Mesra Betty Yel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.