Implementasi Media Interaktif Pembelajaran Sistem Tata Surya Berbasis VR Di Sd Islam Teladan Al Hidayah 1

  • Zaky Rahman Hakim StikomCki
  • Dadang Iskandar Mulya Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Ali Yafi Zulkarnain Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Choirul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Aji Dwi Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Pada dunia pendidikan, semakin berkurangnya minat belajar siswa dikarenakan perkembangan teknologi hiburan yang semakin menyuguhkan hal-hal menarik dan interaktif seperti film kartun maupun animasi tiga dimensi (3D), sedangkan media pembelajaran yang saat ini digunakan masih didominasi oleh buku yang berisikan tulisan dan gambar. Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal ini menandakan rendahnya pemahaman siswa dapat disebabkan oleh kurangnya semangat dan minat siswa dalam proses pembelajaran.Pada pelajaran IPA kelas VI tentang materi sistem tata surya yang penyampaiannya masih menggunakan papan tulis serta gambar yang ada dibuku yang terkesan kurang menarik. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sistem tata surya. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi sebagai media pembelajaran interaktif sistem tata surya dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality berbasis Android yang nantinya menarik minat belajar siswa. VR adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dengan aplikasi ini siswa akan merasakan pengalaman berada di luar angkasa dan menjelajah ke setiap objek yang ada di dalamnya.Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi dan studi literatur. Metode perancangan yang digunakan adalah waterfall dan teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box. Berdasarkan hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan, memberikan informasi visual yang lebih baik, menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan serta membantu meningkatkan pemahaman siswa

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.
Astuti, I. A., & Mahardika, A. G. (2021). Pengembangan dan Testing Marker 3D Printed Model pada Augmented Reality Planet Tata Surya. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 701-711.
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan virtual reality sebagai media pembelajaran sistem tata surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-99.
Elmqaddem, N. (2019). Augmented reality and virtual reality in education. Myth or reality?. International journal of emerging technologies in learning, 14(3).
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2-1), 88-102.
Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. FONDATIA, 6(3), 767-793.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Journal of Civics and Education Studies, 6(1), 51-64.
Pramana, S. (2020). Peningkatan Literasi Data Menuju Indonesia 4.0. Empowerment in the Community, 1(1), 37-40.
Sala, N. (2021). Virtual reality, augmented reality, and mixed reality in education: A brief overview. Current and prospective applications of virtual reality in higher education, 48-73.
Siadari, A. R., & Siddik, M. (2021). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 3(1), 13-19.
Syawaluddin, F. A., Yana, R. F., Siagian, T. N., & Watrianthos, R. (2020). Efektifitas Media ICT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Swasta Siti Banun Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Pena Cendikia, 3(1), 18-26.
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300-6306.
Xiong, J., Hsiang, E. L., He, Z., Zhan, T., & Wu, S. T. (2021). Augmented reality and virtual reality displays: emerging technologies and future perspectives. Light: Science & Applications, 10(1), 216.
Published
2023-03-05
Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 147 times