Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan Dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android

  • Ika Devi Perwitasari Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Jodi Hendrawan Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Kemajuan kesehatan adalah bagian integral dari program pembangunan secara keseluruhan. Untuk mempercepat angka kesehatan tersebut diperlukan keaktifan dan peran serta masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan fasilitas posyandu. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Pada saat ini, penggunaan smartphone sudah menjadi gaya hidup hampir di semua lapisan masyarakat. Ibu-ibu sudah terbiasa menggunakan smartphone Android untuk berkomunikasi melalui media sosial. Pada umumnya smartphone tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif. Dengan semakin berkembangnya sistem berbasis Android, penelitian ini akan membahas aplikasi berbasis Android yang dikembangkan untuk membantu pelayanan administrasi Posyandu berupa pendataan data bayi. Pada sistem yang akan dibangun memiliki 2 aktor yaitu admin posyandu dan ibu-ibu sebagai pengguna. Pada admin posyandu bertugas untuk mengatur administrasi seperti data bayi, data imunisasi, lokasi posyandu dan history kunjungan dan pertumbuhan bayi. Sedangkan pada sisi aplikasi Android yang digunakan ibu-ibu atau orangtua bayi memiliki fitur untuk melihat lokasi posyandu terdekat, jadwal dan imunisasi apa saja yang telah dilakukan sehingga orangtua dapat mengatur jadwal kunjungan posyandu. Dengan fitur seperti tersebut, orangtua atau ibu-ibu sangat dipermudah dalam penyajian informasi untuk monitoring imunisasi bayi

References

Arman. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Data Penduduk Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung Berbasis Web. Jurnal Edik Informatika, 2(2):163-170.
Emilya, S., Lestari, Y. & Asterina. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita terhadap Tindakan Imunisasi Dasar Lengkap Di Kelurahan Lambung Bukit Kota Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2).
Faizal, M. & Putri, S.L. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).
Hernanda, S. & Yustanti, W. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Tumbuh Kembang Balita Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika. 6(1):1-6
Mustika, U. (2019). E-Posyandu Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Teknokrat Indonesia).
Tanjung, I. & Sukrianto, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Terpadu Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Intra-Tech, 1(1).
Sulistyono, M. T., Nugraini, S. H., Yuantari, M. C., & Ernawati, D. (2018). Model Pemanfaatan Teknologi Informasi Perancangan Strategis E-Posyandu. JOINS (Journal of Information System), 3(2), 161-170.
Verawati, I., & Kuncoro, R. T. (2019, December). PEMBUATAN SISTEM INFORMASI E-POSYANDU BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI APLIKASI MOBILE. In PROSIDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT (pp. 464-469).
Published
2020-06-29
How to Cite
Perwitasari, I., & Hendrawan, J. (2020). Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan Dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i1.1331
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 15 times