Implementasi Algoritma Kriptografi Rsa (Rivest Shamir Adleman) Untuk Keamanan Data Rekam Medis Pasien

  • Sutejo Sutejo Universitas Lancang Kuning

Abstract

Keamanan data pasien sangatlah penting bagi dokter dan pasien. Penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah atau mencuri data pasienĀ  dapat dihindari dengan diperlukan mekanisme untuk mengamankan data yang ada pada sitem rekam medis menggunakan teknik enkripsi pada database. Dalam penelitian ini digunakan metode algoritma kriptografi RSA untuk mengamankan data rekam medis pasien yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, diagnosa penyakit, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain. RSA merupakan algoritma kriptografi asimetris yang menggunakan sepasang kunci, yaitu kunci publik dan kunci pribadi. Keamanan algoritma RSA terletak pada sulitnya memfaktorkan bilangan prima. Pada pengujian sistem menggunakan metode blackbox yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem rekam medis berbasis web yang dapat membantu Klinik Citra Bunda untuk meningkatkan keamanan data rekam medis pasien

References

Andriani, D. (2017). Perancangan Aplikasi Penyandian Teks Dengan Menggunakan Algoritma Chiper Block Chaining. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 2(2), 14-23.
Anggraini, D., & Juanita, S. (2018). Aplikasi E-Arsip Pengamanan Pesan Elektronik Berbasis Web dengan Mengimplementasikan Algoritma Kriptografi RSA dan Elgamal pada Klinik Dr. H. Hartono. Jurnal Ilmiah, 6(3), 122.
Ginting, A., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2015). Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(2), 253-258.
Haryanto, E. V. (2021). Desain Steganografi untuk Keamanan Gambar dengan Algoritma RSA dan LSB Berbasis Android. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(3), 179-190.
Rakhman, A. A., & Kurniawan, A. W. (2015). Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adleman (Rsa) Dan Vigenere Cipher Pada Gambar Bitmap 8 Bit. Techno. Com, 14(2), 122-134.
Setyawati, E., Widjayanti, C. E., Siraiz, R. R., & Wijoyo, H. (2021). Pengujian keamanan komputer kriptografi pada surat elektronik berbasis website dengan enkripsi metode MD5. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1), 56-67.
Siringoringo, R. (2020). Analisis dan Implementasi Algoritma Rijndael (AES) dan Kriptografi RSA pada Pengamanan File. KAKIFIKOM: Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, 2(1), 31-42.
Tohirin, T. (2020). Penerapan Keamanan Remote Server Melalui Ssh Dengan Kombinasi Kriptografi Asimetris Dan Autentikasi Dua Langkah. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 4(1), 133-138.
Pabokory, F. N., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 20-31.
Yusfrizal, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 3(2), 29-37.
Published
2021-06-21
Abstract viewed = 515 times
PDF downloaded = 494 times