Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Ulasan Aplikasi E-Commerce Tokopedia

  • Luluk Rahmawati Universitas Stikubank Semarang
  • Dwi Budi Santoso Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Ulasan biasanya ditemukan setelah konsumen menggunakan suatu aplikasi. Ulasan dapat berupa kelebihan maupun kekurangan. Salah satu aplikasi yang memiliki banyak ulasan penggunanya adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan aplikasi e-commerce yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan teks dengan dataset 5000 ulasan aplikasi e-commerce Tokopedia di Google Playstore ke dalam kelompok yang memiliki nilai positif, negatif atau netral. Penelitian ini menerapkan metode TF-IDF dan Naïve Bayes Classifier untuk pembobotan dan pengklasifikasian data. Hasil pengujian terhadap data test dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier menghasilkan nilai akurasi sebesar 83,9 % ,presisi 85,1%, recall 83,9% dan f1-score 83,8%.

References

Andika, L. A., Azizah, P. A. N., & Respatiwulan, R. (2019). Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Hasil Quick Count Pemilihan Presiden Indonesia 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Indonesian Journal of Applied Statistics, 2(1), 34-41. https://doi.org/10.13057/ijas.v2i1.29998
Astuti, T., & Astuti, Y. (2022). Analisis Sentimen Review Produk Skincare Dengan Naïve Bayes Classifier Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(4), 1806-1815. 10.30865/mib.v6i4.4119
Atimi, R. L., & Pratama, E. E. (2022). Implementasi Model Klasifikasi Sentimen Pada Review Produk Lazada Indonesia. Jurnal Sains dan Informatika, 8(1), 88-96. https://doi.org/10.34128/jsi.v8i1.419
Chohan, S., Nugroho, A., Aji, A. M. B., & Gata, W. (2020). Analisis Sentimen Aplikasi Duolingo Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Synthetic Minority Over Sampling Technique. Paradigma – Jurnal Informatika dan Komputer, 22(2), 139-144. https://doi.org/10.31294/p.v21i2
Hayuningtyas, R. Y. (2019). Penerapan Algoritma Naïve Bayes untuk Rekomendasi Pakaian Wanita. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 18-22. https://doi.org/10.31294/ji.v6i1.4685
Irham, L. G., Adiwijaya, A., & Wisesty, U. N. (2019). Klasifikasi Berita Bahasa Indonesia Menggunakan Mutual Information dan Support Vector Machine. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(4), 284-292. 10.30865/mib.v3i4.1410
Iriananda, S. W., Putra, R. P., & Nugroho, K. S. (2021). Analisis Sentimen Dan Analisis Data Eksploratif Ulasan Aplikasi Marketplace Google Playstore. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 473-482. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3343
Lesmana, R. Y., & Andarsyah, R. (2022). Multinomial Nave Bayes Classification Model for Sentiment Analysis of Non-Fungible Token. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 135-139. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/2390
Putra, M. Y., & Putri, D. I. (2022). Pemanfaatan Algoritma Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Jurusan Siswa Kelas XI. Jurnal TEKNO KOMPAK,, 16(2), 176-187. DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v16i2.2002
Putri, D. D., Nama, G. F., & Sulistiono, W. E. (2022). Analisis Sentimen Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (Dpr) Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), 10(1), 35-40. http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v10i1.2262
Rahman, O. H., Abdillah, G., & Komarudin, A. (2021). Klasifikasi Ujaran Kebencian pada Media Sosial Twitter Menggunakan Support Vector Machine. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5(1), 17-23. http://jurnal.iaii.or.id
Septian, J. A., Fahrudin, T. M., & Nugroho, A. (2019). Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Polemik Persepakbolaan Indonesia Menggunakan Pembobotan TF-IDF dan K-Nearest Neighbor. JOURNAL OF INTELLIGENT SYSTEMS AND COMPUTATION, 1(1), 43-48. https://doi.org/10.52985/insyst.v1i1.36
Silvia, G., & Anwar, K. (2021). Pengaruh E-CommerceTerhadap Perilaku KonsumenTokopedia Pada Masyarakat Kota Jambi. Transekonomika–Akuntansi Bisnis dan Keuangan, 1(3), 240-251. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.44
Vitandy, S. W. U., Supianto, A. A., & Bachtiar, F. A. (2019, Juni). Analisis Sentimen Evaluasi Kinerja Dosen menggunakan Term FrequencyInverse Document Frequency dan Naïve Bayes Classifier. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(6), 6080-6088. http://j-ptiik.ub.ac.id
Wulandari, A., & US, K. A. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 1(3), 295-301.
Published
2023-02-20
Abstract viewed = 285 times
PDF downloaded = 258 times