Menerapkan Data Mining Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Donat Bolong Semarang

  • Arya Sena Setyanegara Universitas Stikubank Semarang
  • Eri Zuliarso Unisbank Semarang

Abstract

Persaingan di dunia bisnis semakin hari semakin ketat sehingga para pelaku bisnis harus membuat strategi untuk meningkatkan penjualan produknya. Salah satu yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya adalah dengan cara memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk merancang strategi penjualan adalah dengan menerapkan penggunaan Data Mining. Donat Bolong Semarang adalah salah satu outlet makanan cepat saji yang berada di Semarang. Donat Bolong ini menyajikan berbagai macam rasa dan toping yang ditawarkan sehingga membuat para pelanggan menyukainya dengan harga murah yang sangat ramah untuk kantong pelajar ataupun mahasiswa. Pada penelitian ini akan dilakukan menggunakan Algoritma FP-Growth, tools Kaggle dan bahasa pemrograman python.Hasil dari penelitian data mining yang telah dilakukan menggunakan Algoritma FP-Growth pada transaksi pembelian Donat Bolong Semarang dapat membantu strategi bisnis pada Donat Bolong Semarang promosi sehingga dapat menarik konsumen.

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma FP-Growth, Python, Kaggle

References

N. R. Ardani and N. Fitrina, “Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Pt. Rosalia Surakarta),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 1–6, 2016, [Online]. Available: Rekomendasi, sparepart, Assosiation Rule, FP-Growth.%0A1.
A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.
Vulandari Tri Retno, “Data Mining Teori dan Aplikasi Rapidminer,” p. viii+124, 2017, [Online]. Available: www.infogavamedia@yahoo.com
Muhammad Romzi and B. Kurniawan, “Pembelajaran Pemrograman Python Dengan Pendekatan Logika Algoritma,” JTIM J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 3, no. 2, pp. 37–44, 2020.
F. Fatihatul, A. Setiawan, and R. Rosadi, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Market Basket Analysis,” Jatinangor Univ. Padjadjaran, pp. 1–8, 2016.
S. Suhartini, L. Kerta Wijaya, and N. Arini Pratiwi, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pendataan Obat Berdasarkan Laporan Bulanan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 147–156, 2020, doi: 10.29408/jit.v3i2.2315.
Published
2023-09-30
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 28 times