Impelementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Melayani Informasi Produk Umkm Di Kab.Kendal

  • Dehan Setya Ramadhan Universitas Stikubank, Semarang
  • Fatkhul Amin Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan chatbot dengan framework Rasa untuk memberikan informasi produk umkm di Kabupaten Kendal. kendala yang dihadapi seperti kurangnya informasi produk umkm yang dibutuhkan masyarakat. maka untuk mengatasi masalah yang ada dibuatlah sebuah sistem kecerdasan buatan pada layanan informasi produk umkm yaitu chatbot dilengkapi dengan kemampuan bahasa alami untuk memahami permintaan user dan memberikan informasi produk yang ditanyakan. Dengan framework Rasa.ai ini kita dimudahkan oleh platform open source seperti bisa integritas dengan platform sosial media. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka yaitu proses arahan landasan teori untuk mengidentifikasi sumber literatur yang relevan seperti jurnal ilmiah. Pengembangan chatbot menggunakan framework Rasa.ai mendapat tingkat akurasiĀ  sebesar 1.00 dibuktikan dari hasil runningĀ  sistem chatbot yang telah dibuat. Proses pengujian dilakukan dengan cara memasukkan pertanyaan sehingga chatbot akan memberikan jawaban sesuai yang ditanyakan user seputar informasi produk umkm di kab.Kendal.

References

Anindyati, L. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(2), 291-300.
Itonsaputri, M. Z., Saputra, R. E., & Nugrahaeni, R. A. (2023). Implementasi Rasa Pada Chatbot Layanan Akademik. eProceedings of Engineering, 10(1).
Rohim, N., & Zuliarso, E. (2022). Penerapan Algoritma Deep Learning Untuk Pengembangan Chatbot Yang Digunakan Untuk Konsultasi Dan Pengenalan Tentang Virus Covid-19. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 267-278.
Ruindungan, D. G., & Jacobus, A. (2021). Chatbot Development for an Interactive Academic Information Services using the Rasa Open Source Framework. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 10(1), 61-68.
Saraswati, N. M. (2021). Artificial Inteligence Dalam Apilkasi Chatbot Sebagai Helpdesk Obyek Wisata Dengan Permodelan Natural Language Processing (Studi Kasus: Kabupaten Cilacap). Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 10(1), 7-14.
Sharma, R. K., & Joshi, M. (2020). An analytical study and review of open source chatbot framework, rasa. Int. J. Eng. Res, 9(06), 1011-1014.
Sholahuddin, M. R., & Atqiya, F. (2021). Sistem Tanya Jawab Konsultasi Shalat Berbasis RASA Natural Language Understanding (NLU). Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 3(2), 93-102.
Published
2023-11-21
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 15 times