Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Osis Berbasis Web

  • Damar Wulan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Muhammad Luthfi Hamzah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Pembuatan aplikasiiE- Voting dilakukanisebagai upaya dalam membantu pemilihan ketua OSIS di SMK Hasanah Pekanbaru, dimana dalam proses pemilihannya kurang berjalan dengan maksimal, karena masih menggunakan sistem konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Voting yang efektif dan tersistem. E-Votingimerupakan sebuah perangkat pemberian suara secara elektronik. Software yang digunakan dalam pembuatan web ini menggunakan Xampp daniMySQL untuk pengelolaan database. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan rancang bangun sistem informasi E-Voting ini menggunakan metode Agile. Adapun tahapan pada penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3) Tes Perangkat Lunak, (4) Dokumentasi, (5) Deployment, (6) Pemeliharaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pembuatan sistem informasi E-Voting dapat memberikan kemudahan bagi SMK Hasanah Pekanbaru dalam melakukan pemilihan ketua OSIS dan membantu mempercepat prosesi perhitungan suara.

References

Elba, E. S., dan Sukisno, S. (2020). Model multi atribute decision making pemilihan ketua Osis menggunakan metode simple additive weighting (studi kasus: Smk bhakti pertiwitangerang).
Hendini, A. (2016). Pemodelan uml sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).
Pratama, A. F., dan Pertiwi, A. (2022). Pembuatan website e-voting (studi kasus: Pemilihan ketua osis sma dan sederajat). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 104–112.
Putri, A. M., Novianti, E., Wulandari, S., Ansyari, M. F., Fadillah, M. R., dan Hamzah, M. L. (2022). Perancangan sistem informasi e-voting untuk pemilihan ketua osis menggunakan agile method. Dalam Prosiding seminar nasional teknologi informasi dan bisnis (hal. 25–31).
Santoso, H. (2022). Sistem informasi e-voting pemilihan ketua badan eksekutif mahasiswa (bem) stmik el-rahma berbasis web. FAHMA, 20(2), 34–42.
Subagio, N., Sari, W. E., & Yulianto, Y. (2020). Perancangan Sistem E-voting berbasis Web untuk Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak. Buletin Poltanesa, 21(2), 42-49.
Setyawan, F., dan Pratama, F. I. (2020). Rancang bangun sistem e-voting pemilihan ketua osis sma mardisiswa semarang berbasis web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2), 154–160.
Yulianti, H., & Pranoto, G. T. (2021). The Design of a Monitoring Application System for The Production of Foam Products Using the UML And Waterfall Methods. JISA (Jurnal Informatika dan Sains), 4(2), 164-172.
Zaen, M. T. A., dan Putra, R. (2018). Aplikasi voting pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (osis) pada ma nurul ihsan nw tilawah berbasis web. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(2), 43–48.
Published
2024-03-15
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)