Pelayanan Administrasi Berhubungan dengan Kepuasan Pasien

  • Deska Herliani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Su’Aibah Palembang
  • Tresna Fatmawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Su’Aibah Palembang
  • Riana Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Su’Aibah Palembang

Abstract

This study aims to determine the relationship between the quality of administrative services (reliability, responsiveness, assurance, tangibles, and empathy) and patient satisfaction in the ASRI Medical Center Palembang dental clinic. This research method is a quantitative method with a cross-sectional design. The study's results obtained p value = 0.015 with OR = 3.273, meaning that good administrative services have a 3.273 times higher chance for patients to be satisfied than poor administrative services. In conclusion, there is a significant relationship between administrative services and patient satisfaction at the ASRI Medical Center Palembang Dental Clinic.

 

Keywords: Administration, Satisfaction, Patients, Services

References

Andrianto, A., Sasmito, C., & Indragunawan, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien terhadap Citra Klinik “X” di Tuban. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(2), 206. https://doi.org/10.33366/jc.v8i2.1778

Dewi, R. S., Efendy, I., & Anto, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018. 8(2), 185–194. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/pjkm.v8i2.2262

Hartadi, N., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pt Tanjung Uncang di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 34–43. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29412

Hasbi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 87–109. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-05

Hastono, H., Dewi, R. R. V. K., Yulistiana, I., Nugroho, J., & Febrianti, R. (2021). Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Poli Gigi di RSUD Kota Tangerang Selatan. Perkusi, 1(1), 110–115. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIPER

Husna, S. A., Wahyudi, I., & Rohyati, E. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di Perusahaan X di Yogyakarta Siti. Jurnal Psikologi, 16(2), 23–27. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/742

Ladytama, R. S., Sugiarto, J., & Sudiro, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi RSI Sultan Agung Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 6(2), 151–158. https://doi.org/10.14710/jmki.6.2.2018.151-158

Maramis, F. S., Sepang, J. L., Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1658 – 1667. https://doi.org/10.35794/emba.6.3.2018.20411

Mukhtar, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 91–102. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/decision/article/view/597

Nikmah, N., & Ar-Rasyid, G. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Divisi Local Government Service PT. Telkom Indonesia, Kebon Sirih Jakarta. Jurnal Manajemen FE-UB, 07(1), 47–67. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/674

Purbasari, D. M., & Permatasari, D. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1056

Ramadhan, I. H., & Suprajang, S. E. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Husada Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 3(2), 138–148. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/download/386/485

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sari, R. P., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam. EcoGen, 2(3), 260–266. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7409

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Siroj, S., Nurwidiawati, D., Mailani, A., Syachwaldi, R. A., Irawan, A., Nurohman, M. Y., & Aditya, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Pos Sindanglaya Cipanas. El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.35194/eeki.v1i1.1134
Published
2022-11-21
Abstract viewed = 178 times
pdf downloaded = 179 times