Analisis Kesesuaian Instrumen dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari

  • Mira Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Riski Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dicky Armanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hanifa Mawaddah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Qoyum Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rifda Rifda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran sistem reproduksi manusia kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu suatu metode yang digunakan untuk meneliti status suatu objek, kondisi tertentu, ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, memberikan gambaran yang faktual dan akurat mengenai objek yang diselidiki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis LKPD yang dirancang oleh guru di Mas Yapari Hamparan Perak, kemudian dianalisis menggunakan instrumen kesesuaian PBL. Instrumen yang dianalisis yaitu dokumen LKPD. Instrumen yang digunakan yaitu Instrumen checklist untuk menjawab kesesuaian antara LKPD dengan model pembelajaran. Dari hasil angket yang disebar mendapatan hasil 75% sesuai LKPD dengan materi sistem reproduksi manusia  dan 25 % tidak sesuai LKPD dengan materi sistem reproduksi manusia dari hasil tersebut menyatakan bahwa LKPD sesuai dengan materi sistem reproduksi manusia dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Instrumen Penilaian, Analisis, Hasil Belajar

References

Anggraini., Widy., Anwar, Y., & Kodri Madang. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3 (1), 49-57.

Azwar, Saifuddin. (2016). Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baihaqi, I., Prasetyo, A. P. B., & Retnoningsih, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkungan Hidup Bervisi Konservasi Dengan Pendekatan Scientific Skill Pada Pengolahan Sampah Organik Di Sekolah, 44(2), 1- 7.

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Quagga. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(2), 24-30.

Oktriany, W. H., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi dengan Model Charlotte Danielson. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (1), 24-36.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriyani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-qiyam, 1 (2), 11-20.

Rosadi, N. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Biologi dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui, Supervisi Akademik. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 4 (1), 1-8.

Sari, K., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Mts Kelas VII. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO V, 4 (1), 63-72.

Witdianti, Y., & Adji, S. P. (2022). Analisis Kesesuaian Instrumen Evaluasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X dengan Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal frasa, 3 (1), 39-47.
Published
2024-12-25
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times