Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN 2 Bojonegoro
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa SMAN 2 Bojonegoro dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan data yang dikumpulkan berupa hasil tes. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS dan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai signifikan 0,006 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa SMAN 2 Bojonegoro dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).
Kata kunci : STAD (Student Team Achievement Division), Hasil belajar ekonomi.
References
Gaol, A. F. L., Nelyahardi, N., & Yaksa, R. A. (2023). Faktor Motivasi dalam Mendorong Keberhasilan Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal on Education, 5(2), 2801–2807. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.927
Harmoko. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Taman Vokasi, 1–20.
Hasan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADTerhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 3(2), 8–14.
Lambertus, E., & Syehma, R. (2024). Meningkatkan Prestasi Melalui Materi Himpunan dengan Model. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1–6.
Marschner, M., Dignath, D., & Knoblich, G. (2024). Me or we? Action-outcome learning in synchronous joint action. Cognition, 247(April), 105785. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2024.105785
Pratama, Y. D., Indrawan, E., & Abadi, Z. (2023). Implementation of Project-Based Learning on Students’ Learning Outcomes in Lathe Machine Learning. Masaliq, 4, 112–122. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i1.2110
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rohmawati, O., Poniah, & Adiyono. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–199.
R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Penerapan Desain Instruksional Model KEMP Berbasis Kooperatif Learning STAD Pada Materi Fungsi Komposisi. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Santoso, D., & Rochayati, U. (2015). Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Rangkaian Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10876
Schunk, D. H. (2013). Learning Theories : An Educational Perspective.
Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2024 Khoirun Nisak, Putri Ulfa Kamalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.