Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN 2 Bojonegoro

  • Khoirun Nisak Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Ulfa Kamalia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa SMAN 2 Bojonegoro dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student  Team Achievement Division). Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan data yang dikumpulkan berupa hasil tes. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS dan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai signifikan 0,006 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa SMAN 2 Bojonegoro  dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student  Team Achievement Division).

Kata kunci : STAD (Student  Team Achievement Division), Hasil belajar ekonomi.

References

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv.

Gaol, A. F. L., Nelyahardi, N., & Yaksa, R. A. (2023). Faktor Motivasi dalam Mendorong Keberhasilan Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal on Education, 5(2), 2801–2807. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.927

Harmoko. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Taman Vokasi, 1–20.

Hasan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADTerhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 3(2), 8–14.

Lambertus, E., & Syehma, R. (2024). Meningkatkan Prestasi Melalui Materi Himpunan dengan Model. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1–6.

Marschner, M., Dignath, D., & Knoblich, G. (2024). Me or we? Action-outcome learning in synchronous joint action. Cognition, 247(April), 105785. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2024.105785


Pratama, Y. D., Indrawan, E., & Abadi, Z. (2023). Implementation of Project-Based Learning on Students’ Learning Outcomes in Lathe Machine Learning. Masaliq, 4, 112–122. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i1.2110

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rohmawati, O., Poniah, & Adiyono. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–199.

R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Penerapan Desain Instruksional Model KEMP Berbasis Kooperatif Learning STAD Pada Materi Fungsi Komposisi. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Santoso, D., & Rochayati, U. (2015). Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Rangkaian Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10876

Schunk, D. H. (2013). Learning Theories : An Educational Perspective.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2024-09-10
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 1 times