Pengaruh Ekspektasi Pendapatan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ekspektasi pendapatan dan penggunaan media sosial berdampak pada minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang terdaftar dalam Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pengambilan sampel non-probabilitas yang dikombinasikan dengan purposive sampling adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini meliputi 62 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai responden. Analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows, merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya dipengaruhi secara signifikan baik oleh variabel ekspektasi pendapatan maupun variabel penggunaan media sosial.
Kata kunci: Minat Berwirausaha, Ekspektasi Pendapatan, Media Sosial
References
Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Mental Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 95. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i2.199
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Cahayani, N. L. P., Westra, I. K., Ariyati, N. M., Netriani, N. K., & Sau, T. S. B. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 96–102. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.47117
Dan, P., & Terhadap, M. (2021). Pengaruh kepribadian wirausaha, ekspektasi pendapatan dan motivasi terhadap minat berwirausaha. VIII(3), 67–78.
Felya, F., & Budiono, H. (2020). Pengaruh Theory Of Planned Behavior Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 131. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7453
Hariyani, R., & Wibowo, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi dan Pengetahuan Bisnis Terhadap Minat Berwirausaha. Seminar Nasional Dinamika Informatika 2020 Universitas PGRI Yogyakarta, 4(1), 112–118. http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/137/129
Ilmaniati, A., & Musihudin, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Ekspektasi Pendapatan, Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (SMK Al-Madina). Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 1(6), 41. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v1i0.59
Maullah, S., & Rofiuddin, M. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 105–121. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49
Mediatrix, M., & Sari, R. (2017). PENGARUH MOTIVASI INTERNAL DAN MOTIVASI EKSTERNAL Made Ayu Pratiwi Utami 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Jumlah pen. 20, 758–787.
Motivasi, P., Keluarga, L., Ekspektasi, D. A. N., & Septianti, D. (2024). ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG ). 7(03), 1–7.
Prodi, P., Ekonomi, P., Mulawarman, U., Mulawarman, U., & Mulawarman, U. (2022). Pengaruh pendidikan kewiraushaan dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi universitas mulwarman. 1, 1–10.
Putri, J. P. (2019). PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2015 Institut Agama Islam Negeri Metro). Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Sari, P. P. (2017). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014), 7, 1–16.
Satyantoro, I. P., Andayani, E., & Walipah. (2021). Efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan ekspektasi pendapatan : pengaruh terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 78–86. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5324
Sukmaningrum, S., & Rahardjo, M. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory of Planned Behavior. Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15964
Yang, F.-F., Minat, M., Dengan, B., Theory, P., Medan, S. T., Sitompul, P., Silalahi, E., Ritonga, S., Fakultas, D., Prodi, E., & Unika, M. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDEKATAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOUR (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan). 22(September), 289–313. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi
Copyright (c) 2024 Hikmatullila Hikmatullila, Retno Mustika Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.