Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMAN 1 Kelumpang Hilir dan SMAN 2 Kotabaru)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik di SMAN 1 Kelumpang Hilir dan SMAN 2 Kotabaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, dan Komite. Analisis data menggunakan Metode Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila sebagai Upaya penguatan karakter dikedua sekolah diterapkan dengan (1). Strategi Pelaksanaan Program meliputi Integrasi Visi dan Misi dengan Nilai-Nilai Pancasila dan kepedulian Lingkungan, Integrasi Mata pelajaran dengan Nilai-nilai Pancasila dan kepedulian Lingkungan, Mengoptimalkan Sumber Daya sekolah dalam Menyusun Program dan Melaksanakannya dalam bentuk Program berbasis Lingkungan, (2). Strategi Pemberdayaan guru meliputi Peran Guru dalam proses pelaksanaan program dan proses pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mendukung pelaksanaan Program, (3). Strategi pemanfaatan Lingkungan dilakukan dengan tahapan Optimalisasi Sumber Daya Alam Lokal, perilaku Menajga Kelestarian Lingkungan dan Optimalisasi Peran dan Fungsi Kelompok Adiwiyata, Kemudian yang terakhir (4) Kemitraan dilakukan dengan merumuskan Jenis kemitraan dan Peran Kemitraan dalam mendukung pelaksanaan Implementasi P5 Disekolah.
Kata Kunci : Karakter Peduli Lingkungan, Program Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila, Sekolah Menengah Atas
References
Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 46–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Haris, A., & Wardiana, M. (2018). Sekolah Adiwiyata : Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri Di Sekolah. Erlangga.
Jen Ismail, M. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.
Kahfi, A. B. (2020). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 138–151.
Kinanti, Y. C. (2016). Kemitraan sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(5), 478–490. http://citizendaily.net
Legault, L., & Pelletier, L. G. (2000). Impact of an environmental education program on students’ and parents’ attitudes, motivation, and behaviours. Canadian Journal of Behavioural Science, 32(4), 243–250. https://doi.org/10.1037/h0087121
Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan karakter dalam pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 33–44.
Mullins, L. J. (2005). Management and organisational behaviour. Harlow.
Paulus, V. J., Pasaribu, E., & Sitohang, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Keas IV SD Negeri 095556 Sinaksak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 6013–6032.
Pribadi, R. A., Fadilla, N., Putri, A., & Ramadhanti, T. P. (2023). Peran Guru dalam menanamkan Nilai Krakter Peserta didik Melalui Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa (JIKMA), 1(3), 54–68. https://doi.org/10.54066/jikma-itb
Purnomo, A., Wardani, R., Ardyaningrum, H., Nugraheni, A., & Cahyo Khosiyono, B. H. (2023). Penerapan Kurikulum Sekolah Adiwiyata Pada Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri Godean 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Yogyakarta, 408–424.
Safitri, E. A., & Novianto, V. (2019). Implementasi Pendidikan karakter pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. JIPSINDO, 6(1), 1–24.
Selfiani, D. M. (2018). Implementasi Visi Sekolah “Lingkungan yang Sehat” di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 1 Piyungan.
Subrata, I. M., & Ayu Rai, I. G. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah pada Pembelajaran Biologi Oleh. SEMBIO : Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112627
Surahman, S., & Ainur Alam Budi Utomo. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Dasar Kurikulum Prototipe Berdasar Keputusan Mendikbudristek Nomor 317/M/2021 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2097
Widodo, W., & Sriyono, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12.
Yahya, M. S. (2019). Integrasi Pendidikan karakter Peduli Lingkungan dalam Kegiatan Pembelajaran di SDIT Imam Syafi’i Kebumen. Jurnal Isnania, 24(2), 232–246.
Copyright (c) 2024 Bayu Wisnanda, Suriansyah Suriansyah, Metroyadi Metroyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.