Perbandingan Dinamika Sekolah dalam Beradaptasi dengan Perubahan Reformasi Pendidikan pada 2 SMA di Sulawesi Utara

  • Tomy Veryanto Bawulang Universitas Proklamasi 45
  • Uswatun Khasanah Universitas proklamasi 45

Abstract

 

Negara-negara di seluruh dunia saat ini tengah mereformasi sistem pendidikan mereka dalam lingkungan yang semakin mengglobal dan kompetitif. Dalam konteks reformasi pendidikan di Indonesia, kehadiran kekuatan global yang tidak terlihat ini tampak jelas dalam semua kebijakan reformasi yang saat ini sedang berlangsung. Penelitian ini mengeksplorasi dinamika sekolah dalam beradaptasi dengan perubahan reformasi pendidikan di Indonesia dan berusaha untuk mengetahui proses-proses apa saja yang dilakukan oleh sekolah-sekolah dalam beradaptasi dengan perubahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus sebagai metode eksplorasi. Dua sekolah menengah atas di Sulawesi Utara dipilih sebagai lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan saat ini telah memaksa sekolah-sekolah untuk mengalami perubahan penting yang mengakibatkan perubahan mendasar dalam praktik kepemimpinan, praktik mengajar guru, manajemen sekolah, dan budaya sekolah.

Keywords: kurikulum, reformasi pendidikan, manajemen sekolah

References

Bawulang, T. V. (2009). Investigating the contextual features of organisational learning in a vocational secondary school of Indonesia.

Bryman, A. (2016). Social Research Methods (5th ed.). Oxford University Press.

Daun, H. (2005). Globalisation and the Governance of National Education Systems. In International Handbook on Globalisation, Education and Policy Research (pp. 93–107). Springer. https://doi.org/10.1007/1-4020-2960-8_7

Depdiknas. (2011). Profil Pendidikan Propinsi Sulawesi Utara. http://disdiknas.sulutprov.go.id/html/profil.php?id=profil&kode=52&p rofil=Profil Pendidikan Sulut

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). Routledge.

Fullan, M. (2012). Change forces: probing the depths of educational reform. Falmer Press.

Lichtman, M. (2010). Understanding and Evaluating Qualitative Educational Research. SAGE Publications, Inc.

Mesra, R., Tuerah, P. R., Melia, Y., Waldi, A., & Kolang, L. (2023). Teaching Skills For Small Groups and Individuals at Inpres Roong Elementary School. Journal on Education, 5(4), 17552–17559. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4242

Wunoy, L., Awuy, E., Sumual, S. D. M., Tuerah, P. R., Afny, N., Lantang, R., & Mesra, R. (2023). Antara Realitas dan Pencitraan Institusi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 443–448.

Zajda, J. (2015). Second International Handbook on Globalisation, Education and Policy Research. Springer.

Zajda, J., Biraimah, K., & Gaudelli, W. (2008). Education and Social Inequality in the Global Culture. Springer.
Published
2024-08-01
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 13 times