Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris melalui Pelatihan Berbasis Proyek
Abstract
Dalam menciptakan mutu pendidikan guru bahasa Inggris wajib mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya. Kompetensi profesional adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan terhadap penguasaan materi pelajaran secara mendalam, utuh dan komprehensif. Guru profesional mempunyai tanggung jawab social yang diwujudkan melalui kompetensi guru dari lingkungan sosial serta memiliki kemampuan interaktif yang efektif. Upaya dalam meningkatkan kompetensi professional guru dapat di lakukan dengan memberikan pelatihan secara holistic, dan berkelanjutan. Bentuk pelatihan berbasis proyek bertujuan untuk menciptakan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Guru tidak hanya menerima transfer pengetahuan secara pasif, melainkan terlibat secara langsung dalam proses belajar yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan nyata dalam pengajaran bahasa Inggris. Melalui model pelatihan ini, guru bahasa Inggris dapat mengembangkan keterampilan seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi yang sangat dibutuhkan dalam profesi mereka. Selain itu, proyek yang dikerjakan juga dapat menghasilkan produk atau solusi yang dapat diimplementasikan secara langsung dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah yang meliputi 4 keahlian berbahasa siswa (language skills) yaitu listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis).
References
Alwasilah, A. C. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui In House Training (IHT) Berbasis Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Bengkulu, 4(1), 1-14. https://scholar.google.com/citations?user=Sgff7n0AAAAJ&hl=en
Astuti, A. (2016). The effect of on-the-job training on the use of classroom management strategies and student motivation strategies by English teachers in senior high schools in Yogyakarta. International Journal of Research in English Education, 3(2), 117-132
Assalamah, A. (2022). The Impact of Organizational Change on Employee Performance in the Manufacturing Industry: A Case Study of PT. XYZ. International Journal of Advanced Research in Management and Economics, 11(2), 118-125.
Apriliana, D. R., & Nawangsari, D. (2021). The Effectiveness of Project-Based Learning Training in Improving English Teacher Pedagogical Content Knowledge. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 6(1), 42-51. https://www.mdpi.com/2071-1050/14/1/42
Ayu, M., Sari, F. M., & Guru, P. (2021). PELATIHAN GURU DALAM PENGGUNAAN WEBSITE GRAMMAR SEBAGAI MEDIA Abstrak. 2(1), 49–55.
Bambang, T. S. (2015). The Importance of Learning English for International Career and Information Access. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Bengkulu, 2(2), 207-220. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/
Carr, W., Kemmis, S., & Whitehead, J. (2000). Action research and teacher self-evaluation. In S. Kemmis & R. Smith (Eds.), Action research in practice: Renewing practice, improving school culture (pp. 13-36).
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher quality and student achievement: A review of research. Educational Policy Analysis, 39(1), 4-27.
Di, I., Nurul, S., Pringsewu, H., Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. D. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran. 1(2), 66–71.
Danik Nuryani, Ita Handayani (2020, Kompetensi Guru Di Era 4.0dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020
Dörnyei, Z., & Ryan, R. (2015). The psychology of motivation in second language learning. Oxford University Press.
Fitria, A., Rahayu, S., & Khairani, S. (2019). Peran Guru Profesional dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Bengkulu, 6(2), 225-236. https://scholar.google.com/citations?user=Sgff7n0AAAAJ&hl=en
Guskey, T. R. (2000). Evaluating professional development. Jossey-Bass
Jenkins, J. (2018). Repositioning English and multilingualism in English as a lingua franca. Englishes in Practice, 5(3), 1-23.
Janawi. (2012). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Hamond, R. (2000). The impact of teacher quality on student achievement. Economics of Education Review, 20(2), 117-139
Hung, H. W., Lin, H. Y., & Chiu, C. C. (2012). The effects of collaborative teacher training on teachers' pedagogical beliefs and practices. Teaching and Teacher Education, 28(8), 1024-1034. https://link.springer.com/article/10.1007/s11423-023-10276-3
Kemendikbud. (2018). Panduan Pengembangan Kompetensi Guru untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawati, E. R., & Susanto, M. (2020). The Effect of Extensive Reading on EFL Learners' Reading Comprehension and Vocabulary Acquisition. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 247-264.
Khoiri, S. (2010). Kompetensi profesional guru: Konsep dan aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Lightbown, P. M., & Spada, N. (2013). How languages are learned. Oxford University Press
Matsuda, A. (2020). English as an international language and global citizenship education. Journal of Language, Identity & Education, 19(2), 83-95
Mortini, A. V., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kelas Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP) Bagi Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 5(1), 207-218
Mustafa, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Bengkulu, 8(1), 1-14.
https://scholar.google.com/citations?user=Sgff7n0AAAAJ&hl=en
Mulyasa. (2018). Kompetensi Guru. Jakarta: Rieneka Cipta
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.
Oktavianto, DA (2017). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Google Earth on Technodic Journal Skills,
Patton, J. (2012). Project-based teacher training: A review of the research literature. Journal of Teacher Education, 63(4), 322-339.
Pratiwi, D. A., Hartono, E., & Sari, W. R. (2019). The effectiveness of collaborative professional development in enhancing English teachers' pedagogical practices. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 4(1), 42-52.
Shin, S. J., & Crandall, D. (2019). The effects of a communicative language teaching approach on EFL learners' oral fluency and self-efficacy. TESOL Quarterly, 53(2), 286-311.
Sulistyani, N., Prayogo, J. A., & Dewi, P. S. (2021). Project-Based Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pangabdhi, 7(1), 9-17.
Sumaryanto, & Purnomo, Y. W. (2015). Pendekatan Pembelajaran Proyek: Konsep dan Aplikasinya di Sekolah Menengah Pertama. Prenada Media Group.
Suyanto. (2020). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 227-236.
Zulkifly, M. A., & Ismail, M. A. (2018). The Effect of Integrating Mobile Learning on EFL Learners' Reading Comprehension. The English Language Journal of State Islamic University Raden Intan Lampung, 1(1), 1-
Copyright (c) 2024 Ifna Nifriza, Sri Mures Walef, Hadiyanto Hadiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.