Penanaman Karakter Kepedulian Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT Khoirul Ummah

  • Fiter Fiter Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Hendra Harmi IAIN Curup
  • Rini Rini IAIN Curup

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Penanaman Karakter Kepedulian Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT Khoiru Ummah, tujuan penelitian untuk Menggambarkan Penanaman Karakter Kepedulian Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT Khoiru Ummah, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan.  Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan ( field research) dengan menggunanakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, Penyajian data dan conclusion drawing atau verifikation. Selanjutnya Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Penanaman karakter kepedulian sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam di lakukan dengan cara metode ceramah, memberikan pengertian, memberikan nasehat memberikan hukuman dan memberikan contoh secara langsung kepada peserta didik. Adapun faktor yang dihadapi dalam penanaman karakter kepedulian sosial adalah masih ada peserta didik yang tidak peduli dengan temannya, masih ada peserta didik yang tidak ada rasa taggung jawab pada lingkungannya, tidak antusias untuk mengikuti mata kegiatan yang seharusnya di lakukan, masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru ketika mejelaskan, ribut dalam kelas dan sebagainya.

 

 

 

Kata kunci: Penanaman Karakter, Karakter Kepedulian Sosial, Sikap Kepedulian Sosial

References

Adawiyah, Robiatul. 2018. Implementasi Metode Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, Vol. 7, No. 1, hal: 61-67.

Arif, Muhamad, Jesica Dwi Rahmayanti, dan Fitri Diah Rahmawati. Penanaman Karakter Peduli Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 13, No. 2, hal: 289-308.

Auliyah, Alan, dan Elia Flurentin. 2016. Efektifitas Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1, hal: 19-26.

Badry, Intan Mayang Sahni, dan Rini Rahman. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, Vol. 1, No. 4, hal: 573-583.

Baso, Hamlam Andi, Sri Dewi Lisnawati, dan Nur Hikmah Atika. 2021. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Kepedulian Sosial Pada Peserta Didik. ISTIQRA, Vol. 9, No. 1, hal: 35-60.

Busyaeri, Akhmad, dan Mumuh Muharom. 2016. Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 2, No. 1.

Eko, Hari Purnomo. 2022. Penanaman Nilai Karakter Religius dan Peduli Sosial dalam Pembelajaran IPS di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Eva. 2020. Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Journal of Education and Instruction (JOEAI), Vol. 3, No. 2, hal: 172-178.

Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, and Syarnubi Syarnubi. 2022. Penanaman Karakter Peduli Sosial di SMP N 10 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, Vol. 4, No, 1, hal: 39-51.

Fitriyanti, Evi, Solihatun Solihatun, dan Tanti Ardianti. 2020. Kontribusi Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, Vol. 6, No. 2, hal: 63-75.

Haya, Aqila Fadia. 2023. Peran Guru PPKN dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak. Diss. Ikip PGRI Pontianak.

Indriasari, Emi. 2016. Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 2, No. 2.

Kuswandi, Adi. 2022. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Siswa SMA Negeri 2 Malang.

Laili. 2020. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI) Vol. 3, No. 2, hal: 179-188.

Rismi. 2022. Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati Untuk Meningkatkan Sikap Prososial Siswa. EDUCATION: Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 8, No. 1, hal: 14.

Yanuarti, Eka. 2016. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 2.
Published
2024-09-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times