Pemanfaatan Media Sosial dalam Mendukung Perkembangan Inovasi Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa media sosial dalam mendukung perkembangan Inovasi PAI, media sosial sebagai wadah untuk berdakwah, dan dampak positif serta negatif penggunaan media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Adapun hasil penelitian: 1). Media sosial merupakan laman (situs) bagi setiap orang untuk dapat membuat halaman jejaring (web page) pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Media sosial populer yang dapat digunakan pada inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah tiktok, Instagram, Facebook, dan Youtube. 2).Media sosial dijadikan sebagai wadah dalam penyebaran dakwah Pendidikan Agama Islam melalui postingan video ceramah agama yang dibagikan oleh da’i atau ustadz terkenal, misalnya Ustadz Hanan Attaki dan Ustadz Adi Hidayat dengan jumlah penonton yang sangat banyak. 3). Dibalik banyaknya manfaat media sosial bagi Pendidikan Agama Islam terdapat dampak postif dan negatifnya. Dampak Positif: (1) Mempermudahkan proses pembelajaran, (2) Semakin mempermudah berinteraksi kepada orang lain, (3) Menambah wawasan, (4) Mendukung untuk materi pembelajaran PAI. Dampak Negatif: (1) Merusak moral pelajar karena ada situs terlarang, (2) Membutuhkan biaya kuota untuk mengaksesnya, (3) Menganggu kesehatan mata.Kata kunci: Media Sosial, Inovasi, Pendidikan Agama Islam
References
Abdullah, M. Q. (2019). Pengantar Ilmu Dakwah (Qiara Media (ed.)). Jakarta: CV. Penerbit Qiara Media.
Afendi, A. R., Fauziyah, N., & Saputra, M. R. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital. Borneo Journal of Islamic Education, 3 (1), hal: 19–29.
Aldin, Sukmawati, M. (2023). Penggunaan Youtube Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 5 (3), hal: 12–19.
Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran. PbsI, 4 (2), hal: 81–86.
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikanagama Islam Efektif Di Smk Nurul Yaqin Sampang. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7 (1), hal: 74–88.
Fahrurrozi, Faizah, K. (2019). Ilmu Dakwah (I. Wawan (ed.)). Prenadamedia Group.
Fajarini, N., Amumpuni, H., Parida, N. A., & Sajdah, M. (2024). Pengaruh Penggunaan TikTok sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era 4 . 0. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2 (2).
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam. JpkS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6 (1), hal: 32–44.
Hurley, C., Chen, S., & Umumnya, K. (2018). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5 (2), hal: 2.
Indonesia, K. K. D. I. R. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, iii Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Indriyani, T., Nurjaleka, L., & Semarang, U. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jepang. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 6 (2), hal: 74–98.
Intan Yanuarita, W. (2018). Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Khairuni, N. (2018). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, 2 (1), hal: 91–106.
Mubarok, S., Kurniawan, H., Wulandari, D. P., & Suharyat, Y. (2022). Sosial Media Sebagai Media Pendidikan Islam. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4 (2), hal: 11–17.
Munir, A. L., Sulastri, I., Gustia, A. Y., & Juniati, L. (2020). Penggunaan Media Sosial Dalam Berdakwah : Study Terhadap Da ’ I Di Kota Padang. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11 (2), hal: 153–163.
Nadiyah, D. L. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Banat Kudus Pendahuluan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13 (2), hal: 6.
Nashihin, H., Efendi, R., & Salmiyatun, S. (2020). Pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), hal: 20–32.
Nurul Hidayatul Ummah. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, X (1), hal: 151–169.
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., Ode, W., & Kurnawati, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5 (3), hal: 10646–10653.
Risqa Ulandari, Abd. Rahman K, Z. B. (2021). Youtube Sebagai Media Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Ishlah, 19 (1), hal: 17–30.
Rohman, D. A. (2019). Komunikasi Dakwah Melalui Media SosiaL. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, XIII (2), hal: 121–133.
Saputra, I. (2019). Model pembelajaran Youtube Basedlearning. Nasmedia.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research). Natural SciencE, 6 (1), hal: 41–53.
Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Mayasari. Jurnal Pendidikan, 1 (2), hal: 184–198.
Si, M., Pratama, I., Sc, M., & Acc, I. (2023). Media SosiaL (Inovasi Pada Produk & Perkembangan Usaha) A. Yuan (ed.)). Universitas Medan Area Press Address.
Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika, 17 (3), hal: 335–344.
Syintia, A. (2022). Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media Di Era Modern. An-Nida’, 46 (1), hal: 85–105. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245.
Tongkotow, Fonny, J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2 (1), hal: 3.
Wulandari, N. (2018). Pemanfaatan Sosial Facebook Sebagai Media Kata Belajar Pendidikan Agama Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tarbiyatuna Volume, 3 (1), hal: 82–106.
Copyright (c) 2024 Alfauzan Amin, Friti Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.