Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan

  • Lufi Puspitasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Nursyamsyiah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Hairul Huda Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran sebagai wujud upaya sekolah dalam membekali siswa menulis dan membaca Al-Quran memerlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran BTA. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran BTA bertujuan untuk menjamin siswa dapat membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar, perencanaan pembelajaran berupa PROTA, PROSEM, silabus, administrasi dan RPP, metode pembelajaran yaitu ceramah, BTA metodenya adalah Iqra, media pembelajaran yaitu papan tulis, spidol dan kapur tulis, sumber belajar yaitu Al-Quran dan Juz Amma, evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi tertulis dan lisan, 2) Pelaksanaan pembelajaran BTA a) Kegiatan pendahuluan yaitu salam, doa, menanyakan kepada siswa bagaimana caranya adalah dan menyampaikan konsep pembelajaran, b ) Pelaksanaan membaca yaitu guru membacakan surahnya terlebih dahulu, dilanjutkan siswa secara bersama-sama, kemudian membaca satu per satu, c) Pelaksanaan menulis yaitu siswa menuliskan surahnya di buku masing-masing kemudian memeriksa d) Pelaksanaan Setoran Surat yaitu siswa menyetorkan hafalannya satu per satu, e) Faktor penghambat pelaksanaan yaitu siswa sibuk dan sulit menghafal surah, f) Kegiatan penutup adalah motivasi dan salam. 3) Evaluasi pembelajaran yaitu pada kelas VII dilakukan setelah dua surah selesai, pada kelas VIII dan IX evaluasi dilakukan setiap satu surah selesai. Evaluasi tertulis terdiri dari soal-soal tentang surah acak dan surah tanpa huruf vokal serta penulisan surah dengan baik dan benar beserta maknanya. Evaluasi lisan terdiri dari guru menyambung ayat-ayat dan menitipkan surah pada kertas biru

References

Abror, I. (2022). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an, Yogyakarta: Suka-Press.

Alwi, A. M. (2018). Pengaruh Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Viii Madrasah As’adiyah No.3 Atapange Kabupaten Wajo (Issue 3). (Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Dan Adab Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare 2018).

Aniyah. (2019). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur`An (Btq) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Santri Kelas Isti`Dad Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. (Skripsi Fakultas : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro 2019).

Ardila, F. N. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Bta Di Mtsn 6 Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023 (Vol. 4, Issue 1) (Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyahuin Raden Mas Said Surakarta 2023). https://eprints.iain-surakarta.ac.id/8479/1/193111058

Fazrilya Gita Ariani. (2022). Implementasi Metode Tartil Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Gading Skripsi (Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2022). http://repository.radenintan.ac.id/17531/

Indonesia, P. P. R. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. 235, 245.

Irwandi, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di MA di Kaballangang Kabupaten Pinrang (Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare 2020). (Vol. 12, Issue 2). https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan.

Khodijah. (2013). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Mts Negeri Parung (Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah 2013) Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan. https://adoc.pub/pembelajaran-baca-tulis-al-qur-an-di-mts-negeri-parung.html

Kurniawan, A., Febrianti, A. N., & Hardianti, T. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Mania, S. S. & S. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.

Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas Vib Sekolah Dasar Islam Tahun 2018. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, No.(2), April 2019 347–358. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397

Millah, D. I. (2020). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Mtsn 1 Jombang. Rabbani Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.1, No.4 (September 2020), 113–138. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/rabbani/article/view/4114

Moleong, (2015) Metode Penlitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Bupati Jember. (2021). Peraturan Bupati Jember Nomor 111 Tahun 2021 Tentang Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Sebagai Muatan Lokal. 31 Desember 2021.

Qur’an, K. (2019). Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Badan Litbang Diklat Kementrian Agama RI

Rahayu, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Metode Tartili Di Mas Sinar Serdang Perbaungan (Skripsi fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Medan 2020). http://repository.uinsu.ac.id/9672/1/TesisTiraRahayuPAINonReguler.pdf

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rahman, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian. Yogjakarta: KBM Indonesia.

Sandu Siyoto Dan Ali Sodik. (2017). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wahyuni, F. R. F. M. W. S. J. L. H. S., Jonata, E. M., Hasanah, I. M. N., Maharani, A., Nuryami, K. A. R. N., & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif , Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Published
2024-12-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times