Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kota Palu Kelas VIII

  • Nur Inayah Universitas Tadulako
  • Nurhayadi Nurhayadi Universitas Tadulako
  • Mustamin Idris Universitas Tadulako
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan siswa untuk memahami konsep-konsep matematika secara mendalam dan dapat menerapkan konsep tersebut dalam menyelesaikan masalah matematis dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor untuk menunjang pemahaman konsep matematis siswa dengan memanfaatkan teknologi informasi internet dengan bijak dan tepat oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi internet terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 9 Kota Palu kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dua kelas dan dari 246 populasi total dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket pemanfaatan teknologi informasi internet dan tes pemahaman konsep matematis. Temuan hasil dari penelititian ini bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi internet terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 9 Kota Palu kelas VIII yang mana nilai R2 0,420 atau bahwa pemanfaatan teknologi informasi internet berkontribusi sebesar 42% terhadap pemahaman konsep matematis siswa adapun 58% pemahaman konsep matematis siswa dipengaruhi oleh faktor lainnya.

 

Kata kunci: pengaruh, teknologi informasi, pemahaman konsep, penerapan, kemampuan matematis

References

Afriani, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Handphone Terhadap Prestasi Siswa Kelas V di SDN 79 Kaur (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovas i Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Arfiyani, F., Ussakinah, L., Budiyono, M., & Fahmy, A. F. R. (2022, September). Pengaruh Implementasi ICT terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 180-189).

Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 77-85.

Manalu, D., Sipayung, R., & Sembiring, R. K. B. (2023). PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V MUATAN PELAJARAN IPS SD SANTO THOMAS 2 MEDAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3683-3692.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.

Oktavionika, R., Nurrullah, J. M., Anshori, S., & Sumali, A. L. (2023). Pengaruh Internet terhadap Perilaku Belajar Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 20-27.

Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21-30.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.
Published
2024-12-23
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times