Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Articulate Story Line 3 pada Mata Kuliah Media Fotografi

  • Yamanto Isa Universitas Baturaja
  • Yelmi Yunarti Universitas Baturaja
  • Edi Kurniawan Universitas Baturaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Articulate StoryLine 3 Pada Mata kuliah Media Fotografi di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa analisis data. Dari hasil uji coba, ahli media memberikan nilai 85,7% dengan kategori “Baik”. Ahli desain memberikan nilai 83,28% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 86,5% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden diperoleh nilai 85% dengan kategori “Baik”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden memperoleh nilai 86,82% dengan kategori “Baik Sekali”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 17 orang responden memperoleh nilai 84,09% dengan kategori “Baik”. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk media evaluasi pembelajaran ini valid, dan layak untuk digunakan di lapangan.

References

Daryanto, 2013. Media pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hamalik, 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Wibisono, Artanto. 2018. Buku Ajar Fotografi Teori dan Praktik. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Syaiful N, R. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (Online) http://repository.radenintan.ac.id/11070/1/SK RIPSI%202.pdf.

Putra, N. 2013. Research and Development. Jakarta: PT. Raja Grafind Persada

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT: Raja Grafi Persada

Tegeh, Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2024-12-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times