Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Kelas III SD N Dukuh 08 Pagi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa muatan PPKn kelas III di SDN Dukuh 08 Pagi. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan, dengan metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Dukuh 08 Pagi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi selama plp, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian, instrumen sudah melewati tahap uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini Independent Samples Test dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil yang diperoleh adalah Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III muatan PPKn di SDN Dukuh 08 Pagi memiliki efektivitas yang siginfikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, PPKn
References
Anggita Anggraeni, A., & Fatkhu, I. R. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Aruan, Y. T., Pasaribu, E., Sd, D. I., & Batu, N. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DINEGERIKU DI SD NEGERI 091254 BATU ONOM. 2(3).
Apriani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di MI Najahiyah Palembang. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di MI Najahiyah Palembang, 6, 1–13.
Danil, M., Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal Of Education, 2(5), 165–175. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2591%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2591/1577
Erfiana, I., Lokaria, E., & ... (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Banpres. Jurnal Perspektif …, 16(1), 135–143. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/1711%0Ahttps://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/download/1711/853
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
HALAWA, W. G. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 060915 Jl Tb Simatupang Kecamatan Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 375–397. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.558
Ishaq, M., & Lubis, B. S. (2021). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PPKN. 12, 105–113.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 22. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Putri A. S., & Pranata. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002–1010. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762
Saragih, D. A., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada PembelajaranGangguan Kesehatan Pada Organ PeredaranDarah di SDNegeri 122381 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1750–1769.
Shulkha, S. U. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TEMA 4 SUBTEMA 1 MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III MI DARUL ULUM TANGGEL BLORA TAHUN 2022/2023.
Sitanggang, Y., Sirait, J., & Sidabutar, Y. A. (2023). Pengaruh Model Pembeajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Sub Tema 2 Manusia dan Lingkungan SD Negeri 124394 Pematang Siantar. 3, 9882–9893.
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Pendidikan Dan Konseling, 5.
Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574
Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Copyright (c) 2024 Alifatu Zalfa, Khavisa Pranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.