Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Kelas III SD N Dukuh 08 Pagi

  • Alifatu Zalfa Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Khavisa Pranata Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa muatan PPKn kelas III di SDN Dukuh 08 Pagi. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan, dengan metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Dukuh 08 Pagi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi selama plp, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian, instrumen sudah melewati tahap uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini Independent Samples Test dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil yang diperoleh adalah Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III muatan PPKn di SDN Dukuh 08 Pagi memiliki efektivitas yang siginfikan terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, PPKn

References

Amelia, H., & Citrawati, T.. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI KERAGAMAN SOSIAL & BUDAYA DI SISWA MATERI KERAGAMAN SOSIAL & BUDAYA DI KABUPATEN GRESIK KELAS IV UPT SD NEGERI 234 GRESIK. 2(7).

Anggita Anggraeni, A., & Fatkhu, I. R. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Aruan, Y. T., Pasaribu, E., Sd, D. I., & Batu, N. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DINEGERIKU DI SD NEGERI 091254 BATU ONOM. 2(3).

Apriani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di MI Najahiyah Palembang. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di MI Najahiyah Palembang, 6, 1–13.

Danil, M., Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal Of Education, 2(5), 165–175. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2591%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2591/1577

Erfiana, I., Lokaria, E., & ... (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Banpres. Jurnal Perspektif …, 16(1), 135–143. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/1711%0Ahttps://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/download/1711/853

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

HALAWA, W. G. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 060915 Jl Tb Simatupang Kecamatan Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 375–397. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.558

Ishaq, M., & Lubis, B. S. (2021). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PPKN. 12, 105–113.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 22. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Putri A. S., & Pranata. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002–1010. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762

Saragih, D. A., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada PembelajaranGangguan Kesehatan Pada Organ PeredaranDarah di SDNegeri 122381 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1750–1769.

Shulkha, S. U. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TEMA 4 SUBTEMA 1 MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III MI DARUL ULUM TANGGEL BLORA TAHUN 2022/2023.

Sitanggang, Y., Sirait, J., & Sidabutar, Y. A. (2023). Pengaruh Model Pembeajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Sub Tema 2 Manusia dan Lingkungan SD Negeri 124394 Pematang Siantar. 3, 9882–9893.

Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Pendidikan Dan Konseling, 5.

Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574

Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Published
2024-08-13
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 0 times