Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Gerbong Maut untuk Usia 3-4 Tahun di KB Kemuning 01 Klabang Tegalampel Bondowoso
Abstract
Sejarah merupakan ilmu pengatahuan yang harus dipelajarin dan ditanamkan pada masa dini untuk memberikan rasa semangat pejuang khususnya di daearah bondowoso yakni sejarah gerbong maut bondowoso. Penelitin ini adalah pengembangan dengan bertujuan 1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis miniaturyakni gerbong maut 2) untuk mengatahui kelayakan dan keefktifan menggunakan media pembelajaran berbasis miniatur 3) meningkatkan krativitas anak dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini adalah pengembangan yang R&D mengadposi model EDDIE dengan langkah tahapan yakni Analysis, Design , Development, Implementation and Evaluation . Tempat penelitian di KB Kemuning 01 Klabang Tegalampel kabupaten Bondowoso untuk usia 3-4 tahun . Pengembanan terdiri dua validasi yakni 2 ahli media dan respon guru untuk meperoleh kelayakan dan ke efektifan dari para ahli validasi susai bidang antara lain bidang tersebut validasi ahli media I mendapatkan skor 85% sedangkan validasi ahli media II mendapatkan skor 88% dan mendapat respon dari guru mendapatkan skor 91 % kesimpuan bahwa media pembelajaran berbasis miniatur gerbong maut bondowoso sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran
Kata Kunci: Media pembelajaran, Gerbong Maut, Miniatur.
References
Fajarisman, Citra P, N., Wijaya, P. R., & Ariama, A. (2023). Kreativitas Guru Untuk Memanfaatkan Media Pembelajran Pada Bahasa Inggris What Delicious Bakso ! JOEAI (Journal Of Education and Instruction), 6(1), 288–302.
Fajarisman, Sanusi, T., & Widiatsih, A. (2021). The Efforts to Improve Student Learning Outcomes by Using Google Classroom during Covid 19 in the Subject of Pythagoras Theorem. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 6(2), 104 – 112. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/axi.v6i2
Fajarisman, Widiatsih, A., & Kustiowati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada
Mata Pelajaran bahasa Mandarin Untuk SMP/MTs. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.415
Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 9291. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2465
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, Kunrozazi, & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pandemi COVID 19. Education Journal : Journal Education Research and Development, 6(1), 47–58.
Legiowati, T., Fajarisman, & Citra P, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Dengan Media Pembelajaran Video Youtube UNtuk Kelas I SD/MI. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 148–158.
Lisa, D. R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengaruh Hasta Karya Miniatur Alat Kebersihan dalam Meningkatkan Kreativitas Seni di Taman-Kanak Sadar Bahkti Kecamatan Talamau. Journal on Education, 05(02), 2390–2398.
Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41.
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328
Ningsih, N. V., & Lusy, N. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Mentari, 1(1), 44–50.
Pratiwi, N. H., Muarif, S., Fajarisman, & Widiatsih, A. (2023). The Use Of Autoplay Studio 4 Learning Media To Improve Student Learning Outcomes In Productive Computer Graphics Subjects At SMK NEGERI 7 JEMBER. JETI Journal Of Education Technology & Inovation, 6(2), 56–65.
Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Sholeh, A. N., & Aditya, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Infografis Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Kelas XI Multimedia Di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal IT-EDU, 08(01), 17–25.
Sudarto, B., Widiatsih, A., & Fajarisman. (2022). Pengambnagan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Autoplay Pada Tema III Peduli Terhadap Makluk Hidup Untuk Kelas IV SD/MI. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1–13.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wibowo, B. A., & Miranti, M. (2023). Pembelajaran sejarah melalui folklore Ki Ageng Mangir untuk penanaman nilai kearifan lokal. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 13(2), 221. https://doi.org/10.25273/ajsp.v13i2.14368
Yani, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Miniatur Mesin Conveyor Untuk Praktik Programmable Logic Controller (PLC) Di SMK. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(09), 2067–2076.
Copyright (c) 2024 Sri Utami Wageastutik, Finadatul Wahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.