Membangun Generasi Berkarakter (Penanaman Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab pada Peserta Didik)

  • Mawardi Mawardi Universitas Hamzanwadi
  • Hartini Haritani Universias Hamzanwadi1
  • Armin Subhani Universias Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevalu efektivitas penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa di SD. Metode penelitian melibatkan observasi lapangan dan wawancara dengan guru serta analisis dokumen terkait. Observasi dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran di kelas dan aktivitas siswa di lingkungan sekolah untuk mendapatkan gambaran nyata praktik yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab sudah berjalan cukup baik melalui kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar, integrasi nilai disiplin dalam materi Pendidikan Pancasila, serta penerapan unsur-unsur disiplin seperti peraturan, kebiasaan, penghargaan, dan hukuman. Namun, kekonsistenan dalam penegakan aturan dan pemberian hukuman masih perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan motivasi siswa dalam berperilaku disiplin. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya konsistensi dalam penegakan aturan, pemberian penghargaan dan hukuman untuk meningkatkan efektivitas penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab. Dukungan menyeluruh dari semua komponen sekolah, pemahaman mendalam terhadap karakter siswa, dan kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat sangat krusial untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang disiplin dan bertanggung jawab.

 

Kata kunci: disiplin, penanaman karakter, pendidikan dasar

References

Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2). https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869

Agustina, Y., Nazri, M. A., & Murcahyanto, H. (2023). Curriculum application: Designing aims and learning outcomes in the English Department. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(3), 155–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i3.21405

Anik Indramawan. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122

Azzahra, A., Niswah, C., & Kanada, R. (2022). Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).

Budi, K. (2020). Educating for Character in Work Readiness Through Vocational Higher Education in the Digital Era. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200331.144

Daji, D., Mulyasa, E., & Warta, W. (2019). Implementasi Sistem Penilaian Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Nusantara Education Review, 1(2), 57–64.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Gampu, G., Pinontoan, M., & Sumilat, J. M. (2022). Peran lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5124–5130.

Hakim, L. (2017). Analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 17(2), 280–292.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Jaelani, A., & Asvio, N. (2019). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01).

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194.

Khairani, D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01). https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Nusamedia.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.

Muchlinawati, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa Terhadap Peserta Didik. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.47498/bidayah.v11i1.334

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52–56.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Nora, V. Y. (2021). The Concept of Islamic Parenting in the Era of Islamic Moderation: An Analysis of Hurlock’s Parenting Theory. Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies, 5(1). https://doi.org/10.30983/it.v5i1.4476

Nurriqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. BINTANG, 3(1), 124–141.

Pritchard, D. (2023). Educating for Virtuous Intellectual Character and Valuing Truth. Philosophies, 8(2). https://doi.org/10.3390/philosophies8020029

Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1301

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Rapang, R., Yunus, M., & Apriyanti, E. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596

Risna, R. (2023). Analyzing the efficacy of outcome-based education in Kurikulum Merdeka: A literature-based perspective. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2). https://doi.org/10.17509/curricula.v2i2.59624

Safrudin, S., & Wijaya, E. (2024). Innovative Learning Strategies (Differentiated Learning Perspective on Merdeka Curriculum). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1). https://doi.org/10.58258/jime.v10i1.6467

Sari, F. F. K., & Murwaningsih, T. (2023). The new paradigm of merdeka curriculum: implementation of pancasila education subject in elementary school. International Journal of Elementary Education, 7(1), 79–88.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Setiawati, E., Bahri, A. S., Firmadani, F., Safari, M., Pramanik, P. D., Nuramila, N., Rahmah, R. E., Nuryanti, N.,
Pratama, A. Y., & Nurmiyanti, L. (2020). Pendidikan Karakter.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa.

Sukriyatun, G. (2022). Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 dan Perkembangannya Menuju Profil Pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal, 1(2), 23–37.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Uce, L. (2016). Realitas aktual praksis kurikulum: analisis terhadap KBK, KTSP dan Kurikulum 2013. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 216–229.

Vasquez, V. M. (2016). Critical Literacy Across the K-6 Curriculum. In Critical Literacy Across the K-6 Curriculum. https://doi.org/10.4324/9781315642277

Wahyu, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.56393/didactica.v2i2.1152

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics, 13(2), 188–198.

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat pendidikan karakter.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.
Published
2024-12-27
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times