Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pemanfaatan Aplikasi Wondershare Quizcreator

  • Yamanto Isa Universitas Baturaja
  • Edi Sutiono Universitas Baturaja
  • Mohamad Salman Rusdi Universitas Baturaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media penilaian pembelajaran menggunakan aplikasi Wondershare QuizCreator pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Cempaka OKU Timur. Metode yang digunakan adalah metode rekayasa prosedural dengan menggunakan teknik pengumpulan data berjenis survei. Berdasarkan hasil pengujian, ahli media menilai produk ini  85,3 dengan kategori “Baik”. Pakar desain memberikan nilai 82 dengan kategori “baik”, dan ahli material memberikan nilai 82,1 dengan kategori “baik”. Uji coba produk secara personal oleh tiga orang responden siswa kelas XI IPA semester II  memperoleh nilai sebesar 81,5 poin dengan kategori 'Baik'. Eksperimen kelompok kecil dengan enam responden menghasilkan skor 83,5 dengan kategori “baik”. Kemudian dilakukan pengujian skala besar dan 26 responden memperoleh nilai 81,7 poin dengan kategori “Baik”. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa produk media penilaian pembelajaran ini valid dan layak digunakan di dunia nyata.

Keywords: Pengembangan, Media, Evaluasi, Biologi.

References

Anas, S. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (BPFE (ed.)).

Purnanto, A. W. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare QuizCreator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal Warta LPM, 19(7).

Purwanto. (2021). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Rusman. (2021). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Warsita, B. (n.d.). No Teknologi Pembelajaran (R. Cipta (ed.)).
Published
2024-12-29
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times