Pengembangan Media Pembelajaran dengan Pemanfaatan Aplikasi Wondershare Quizcreator
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media penilaian pembelajaran menggunakan aplikasi Wondershare QuizCreator pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cempaka OKU Timur. Metode yang digunakan adalah metode rekayasa prosedural dengan menggunakan teknik pengumpulan data berjenis survei. Berdasarkan hasil pengujian, ahli media menilai produk ini 85,3 dengan kategori “Baik”. Pakar desain memberikan nilai 82 dengan kategori “baik”, dan ahli material memberikan nilai 82,1 dengan kategori “baik”. Uji coba produk secara personal oleh tiga orang responden siswa kelas XI IPA semester II memperoleh nilai sebesar 81,5 poin dengan kategori 'Baik'. Eksperimen kelompok kecil dengan enam responden menghasilkan skor 83,5 dengan kategori “baik”. Kemudian dilakukan pengujian skala besar dan 26 responden memperoleh nilai 81,7 poin dengan kategori “Baik”. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa produk media penilaian pembelajaran ini valid dan layak digunakan di dunia nyata.
Keywords: Pengembangan, Media, Evaluasi, Biologi.
References
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (BPFE (ed.)).
Purnanto, A. W. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare QuizCreator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal Warta LPM, 19(7).
Purwanto. (2021). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
Rusman. (2021). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Warsita, B. (n.d.). No Teknologi Pembelajaran (R. Cipta (ed.)).
Copyright (c) 2024 Yamanto Isa, Edi Sutiono, Mohamad Salman Rusdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.